Toboali, Bangka Selatan, 9/2 (Antara) - Bupati Bangka Selatan Provinsi Bangka Belitung Jamro H Jalil meminta dinas terkait menyelamatkan sapi betina produktif dan berkualitas bagus dari penyembelihan guna meningkatkan populasi ternak tersebut.

"Sapi betina produktif berguna meningkatkan populasi ternak sapi baru yang lebih berkualitas" ujarnya di Toboali, Sabtu.

Ia menyatakan, menyelamatkan sapi indukan produktif ini mendukung program pemerintah daerah untuk mewujudkan daerah swasembada daging pada 2015.

"Kami telah melakukan berbagai upaya meningkatkan minat masyarakat mengembangkan peternakan sapi melalui sosialisasi, pelatihan, bantuan sapi betina dan jantan berkualitas secara berkelanjutan," ujarnya.

Ia mengatakan untuk meningkatkan populasi sapi, peternak agar tidak menjual atau menyembelih indukan sapi produktif dan sehat yang masih menghasilkan anakan sapi berkualitas baik.

"Kami menyesalkan, apabila ada pemotongan sapi produktif karena untuk mendapatkan generasi sapi produktif membutuhkan waktu lama," ujarnya.

Menurut dia, saat ini minat masyarakat mengembangkan peternakan sapi masih rendah karena  menilai mengembangkan sapi membutuhkan waktu lama sehingga untuk memenuhi kebutuhan daging masih mengandalkan pasokan dari Pulau Jawa dan Sumatera.

"Penilaian masyarakat ini salah. Manfaat mengembangkan sapi banyak sekali, misalnya kotorannya bisa dijadikan pupuk  tanaman dan  energi alternatil listrik dan biogas sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu dagingnya, tenaga sapi juga bisa dimanfaatkan untuk pengolahan lahan pertanian dan pengangkut hasil bumi.

Berdasarkan data 2012 Bangka Selatan, populasi sapi yang dikembangkan masyarakat sebanyak 930 ekor atau meningkat dari 750 ekor pada 2011 dan 450 ekor sapi da 2009.

"Diperkirakan populasi sapi tahun ini akan terus meningkat seiring minat masyarakat yang mulai meningkat," ujarnya.

Ia berharap, Dinas Pertanian dan Peternakan terus meningkatkan minat masyarakat melalui kegiatan sosialisasi, pelatihan dan penyaluran berbagai bantuan kepada masyarakat.

"Pengembangan ini  akan sangat mendukung usaha yang berbasis ekonomi kerakyatan," katanya.

Editor: Mulki
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarababel.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar