Antara dan GWO Jalin Kerja Sama Pemberitaan

id Antara
Antara dan GWO Jalin Kerja Sama Pemberitaan
LKBN ANTARA (Foto Antara)
Demi memperluas pelayanan terhadap 800.000 jiwa pekerja migran di Taiwan, khususnya di bidang informasi bagi warga Indonesia di Taiwan, kerja sama ini sangat penting
Jakarta (Antara Babel) - Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara dan Global Worker's Organization, lembaga nonpemerintahan yang bergerak di bidang ketenagakerjaan di Taiwan, menjalin kerja sama di bidang pemberitaan.

"Demi memperluas pelayanan terhadap 800.000 jiwa pekerja migran di Taiwan, khususnya di bidang informasi bagi warga Indonesia di Taiwan, kerja sama ini sangat penting," kata Direktur GWO Karen Hsu dalam keterangan persnya yang diterima Antara di Jakarta, Minggu.

Kontrak kerja sama yang ditandatangani oleh Karen dan Direktur Pemberitaan LKBN Antara Aat Surya Safaat itu dilakukan di depan sejumlah pejabat pemerintah Taiwan, perwakilan pemerintah Indonesia, dan kalangan media Taiwan  di Taipei, Kamis (14/4).

"Program yang berlaku efektif selama 1 tahun ini didukung sepenuhnya oleh Departemen Kebudayaan Taiwan," kata Karen.

Dari 800.000 jiwa pekerja migran di Taiwan, pekerja migran berasal Indonesia menduduki jumlah yang terbesar.

Namun, sampai saat ini berita mengenai Indonesia yang dimuat oleh media Taiwan sangat terbatas dan sebagian besar hanya berasal dari media asing.

Oleh karena itu, kata Karen GWO merasa sangat beruntung dapat berperan sebagai perantara agar pertukaran informasi ini dapat berjalan lebih mudah.

Ia mengaku bahwa berita-berita dari Antara yang diterjemahkan dalam bahasa Mandarin sudah mulai banyak dimuat beberapa media di Taiwan, di antaranya Apple Daily, Liberty Times Net, Awakening News Networks Taiwan, Merit-Times, The News Lens, dan Yahoo.  
     
Selain menggunakan sumber berita dari Antara yang diterjemahkan dalam bahasa Mandarin agar dapat dipergunakan untuk media Taiwan, dalam program itu GWO juga akan mengumpulkan berita mengenai TKI di Taiwan yang akan dimuat dalam buletin berbahasa Indonesia "TAIWAN KINI" yang edisi perdananya terbit pada bulan ini.

Sementara itu, Direktur Pemberitaan LKBN Antara Aat Surya Safaat merasa senang dengan adanya kerja sama tersebut, khususnya pertukaran informasi berita yang berkaitan dengan TKI.

Dengan adanya kerja sama tersebut, dia berharap masyarakat Taiwan dapat lebih mengenal Indonesia.

"Kami juga berharap kerja sama ini mampu diwujudkan pula dalam bentuk pameran foto, menerbitkan buku berkonsep cerita melalui kumpulan foto-foto kehidupan sosial TKI yang ada di Taiwan sehingga keluarga TKI yang ada di Indonesia merasa lebih tenang melihat keadaan mereka selama bekerja di Taiwan," ujarnya.

Editor: Mulki

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga