Minggu, 20 Agustus 2017

PT Timah Bantu KUB Nelayan Bangka Barat

id PT Timah, CSR PT Timah, KUB, Nelayan, Bangka Barat
PT Timah Bantu KUB Nelayan Bangka Barat
PT Timah (Persero) Tbk. menyerahkan bantuan 365 jaring ikan dan 14 unit GPS kepada tujuh kelompok usaha bersama nelayan Kabupaten Bangka Barat. Penyaluran Bantuan disaksikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi dan Bupati Bangka Barat Parhan Ali. (Foto Antara/ Aprionis)
Bantuan ini untuk memudahkan nelayan meningkatkan usaha penangkapan ikan.
Pangkalpinang (Antara Babel) - PT Timah (Persero) Tbk menyalurkan bantuan 365 jaring ikan dan 14 unit GPS kepada tujuh kelompok usaha bersama nelayan Kabupaten Bangka Barat guna meningkatkan usaha mereka melakukan penangkapan ikan.

"Bantuan ini untuk memudahkan nelayan meningkatkan usaha penangkapan ikan," kata Kepala Hubungan Masyarakat PT Timah (Persero) Tbk Renny Hutagalung di Pangkalpinang, Rabu.

Ia menjelaskan 365 jaring ikan itu disalurkan kepada tujuh KUB nelayan tradisional, yaitu KUB Nelayan Bintang Laut 100 jaring ikan, Nelayan Antan  55 jaring, Kapit Nelayan Sejahtera 55 jaring.

Selain itu, KUB Nelayan Teluk Kelabat sebanyak 30 jaring, Insan Mulia 45 jaring, Kakap Putih 35 jaring, dan KUB Putra Belembang 45 jaring ikan.

"Masing-masing KUB nelayan penerima jaring ikan ini juga menerima bantuan dua unit GPS, sehingga nelayan semakin mudah mencari gerombolan ikan di tengah laut," katanya.

Ia mengatakan bantuan alat tangkap ikan merupakan bagian dari program CSR PT Timah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir di wilayah operasional perusahaan.

"Mudah-mudahan dengan bantuan ini bermanfaat bagi nelayan dalam meningkatkan hasil tangkapan ikan dan pendapatan keluarganya," katanya.

Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka Barat Mashur Sirun mengapresiasi bantuan yang diberikan PT Timah (Persero) Tbk kepada KUB nelayan, karena dapat mengoptimalkan usaha mereka melakukan penangkapan ikan.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PT Timah atas bantuan yang diberikan. Tentu sangat berharga dan bermanfaat bagi nelayan," ujarnya.

Menurut dia, bantuan itu tepat sasaran karena yang menerima adalah mereka yang memang bekerja sebagai nelayan.      

"Mereka semua tergabung dalam kelompok nelayan yang ada di Kabupaten Bangka Barat. Salah satu di antaranya adalah KUB Putra Belembang Kecamatan Parittiga Jebus," ujarnya.

Ketua Kelompok Nelayan Bangka Barat Idrus berterima terima atas bantuan dan perhatian yang diberikan PT Timah.

"Saat ini semua alat tangkap ikan mahal, sehingga nelayan sulit menambah jaring dan alat tangkap ikan lainnya untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan di tengah laut," ujarnya.

Editor: Rustam Effendi

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga