Minggu, 20 Agustus 2017

Pemprov Babel Apresiasi PT Timah Bantu UMKM

id CSR PT Timah
Pemprov Babel Apresiasi PT Timah Bantu UMKM
Berkat bantuan modal usaha PT Timah, Mirando mampu mengembangkan usahanya dan memproduksi berbagai makanan khas Kepulauan Bangka Belitung. (Foto Antara/Aprionis).
Bantuan pinjaman modal usaha ini sangat berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di daerah ini
Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengapresiasi PT TImah (Persero) Tbk membantu 158 mitra binaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dalam meningkatkan kemandirian usaha kerakyatan di daerah itu.

"Bantuan pinjaman modal usaha ini sangat berdampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat di daerah ini," kata Kepala UMKM dan Koperasi Kepulauan Babel, Hasanuddin, saat menghadiri penandatangan surat perjanjian pinjaman dana Program Kemitraan PT Timah di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan bantuan pinjaman modal usaha dari PT Timah ini, dapat memperluas usaha dan jaringan pemasaran produk UMKM yang tersebar di Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur.

"Bantuan modal usaha ini akan memudahkan pelaku usaha modifikasi, kualitas produk dalam merebut segmen pasar lokal, nasional dan internasional," ujarnya.

Menurut dia perkembangan UMKM ini akan sejalan dengan sektor pariwisata, sehingga diperlukan sinergitas pemerintah daerah dengan perusahaan BUMN dan swasta dalam membina dan membantu pelaku usaha kecil ini.

"Kami terus mendorong program kemitraan ini PT Timah terus berlanjut dari tahun ke tahun dan kualitas serta kuantitas dana pinjaman ini bertambah," ujarnya.

Ia berharap pelaku UMKM yang menerima bantuan pinjaman untuk memanfaatkan dengan sebaik-baiknya, agar usaha yang ditekuni berkembang dengan baik dan mampu bersaing di pasar global.

"Dengan adanya bantuan pinjaman lunak dari PT Timah ini, produk UMKM dapat bersaingan di pasar Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), sehingga pelaku usaha kecil tidak hanya menjadi penonton, tetapi ikut bersaing di pasar global tersebut," ujarnya.

PT Timah (Persero) Tbk melalui Program Kemitraan Sementer II 2016 menyalurkan Rp5,6 miliar diberikan kepada 158 mitra binaan yang tersebar di kabupaten/kota di Pulau Bangka, Belitung, Karimun, Sebo Singkep. Pada periode I perusahaan berplat merah ini telah menyalurkan Rp3,6 miliar, sehingga total dana Program Kemitraan 2016 sebesar Rp9,2 miliar. 

Editor: Mulki

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga