Sabtu, 22 Juli 2017

Bawaslu RI: Pengawasan Pilgub Babel Terbaik Nasional

id bawaslu
Bawaslu RI: Pengawasan Pilgub Babel Terbaik Nasional
Ketua Bawaslu RI, Muhammad Al Hamid. (Foto Antara)
Belitung (Antara Babel) - Ketua Badan Pengawas Pemilu RI Prof Muhammad Al Hamid menyatakan pengawasan yang dilakukan Bawaslu Provinsi Bangka Belitung beserta jajaran ke bawahnya termasuk kategori terbaik dari sejumlah daerah di Indonesia yang menyelenggarakan pilgub serentak pada 2017.

"Tentu kami memberikan apresiasi atas keberhasilan ini karena Babel berhasil melakukan pengawasan dan mengawal proses demokrasi, sudah berhasil menjaga dan bahkan meningkatkan marwah lembaga serta kepercayaan masyarakat terhadap lembaga ini," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Antara, Rabu malam.

Prof Muhammad mengatakan itu saat menghadiri rapat evaluasi pengawasan yang dihadiri Bawaslu beserta seluruh jajaran hingga ke kabupaten di Belitung pada Rabu (5/4) hingga Kamis (6/4).

"Keberhasilan Bawaslu Babel dalam melakukan pengawasan menjadi dasar kami untuk hadir di tengah mereka, bahkan saya langsung datang bersama Sekjen Bawaslu RI Gunawan Suswatoro sebagai bentuk apresiasi kami," ujarnya.

Ia mengatakan sejak dilantik pada 2012 baru dua kali hadir secara bersamaan dengan Sekjen Bawaslu RI dalam sebuah acara dan di Belitung ini kehadiran mereka secara bersama untuk kedua kalinya.

"Kehadiran kami bersama ini karena semata-mata memang kami menganggap bahwa rekan-rekan semuanya sangat layak untuk diapresiasi atas capaian kinerja yang sangat baik ini," ujarnya.

Ia mengatakan, keberhasilan kinerja ini juga diikuti dengan keberhasilan sekretariat dalam membuat perencanaan dan pengelolaan keuangan yang baik.

"Hingga berakhirnya penetapan pasangan calon terpilih, tidak ada satupun laporan yang disampaikan ke DKPP terhadap kinerja lembaga pengawas di Bangka Belitung ini. Kedua hal ini menjadi tolok ukur penting dalam capaian kinerja secara keseluruhan," katanya.

Editor: Riza Mulyadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga