Kamis, 24 Agustus 2017

Kepala Desa di Bangka Barat Diminta Jeli Optimalkan Potensi

id markus
Kepala Desa di Bangka Barat Diminta Jeli Optimalkan Potensi
Wakil Bupati Bangka Barat, Markus. (antarababel.com/Donatus Dasapurna Putranta)
Muntok (Antara Babel) - Kepala desa di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diminta lebih jeli memahami potensi yang ada dan mampu mengoptimalkannya untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

"Sumber daya alam yang dimiliki setiap desa berbeda-beda, cukup melimpah dan belum termanfaatkan optimal. Kami berharap para kepala desa jeli memahami hal itu," kata Wakil Bupati Bangka Barat, Markus di Muntok, Sabtu.

Menurut dia, kejelian perangkat pemerintahan desa dalam memrioritaskan perencanaan pembangunan akan menentukan tumbuh kembang perekonomian warganya agar semakin sejahtera.

"Meningkatnya kesejahteraan masyarakat akan berpengaruh terhadap perekonomian daerah, ini yang akan terus kami dorong," katanya.

Ia mencontohkan Desa Kapit, Kecamatan Parittiga yang memiliki potensi di sektor pertanian dan perkebunan, perlu terus digenjot agar para petani mampu meningkatkan produksi.

Sektor budi daya kepiting bakau juga bisa dijadikan alternatif baru untuk medongkrak perekonomian warga yang selama ini terkenal srbagai salah satu sentra kepiting di daerah itu.

Selain mampu mendorong tumbuh kembang perekonomian warga, kata dia, usaha bidang tersebut juga akan berdampak pada terjaganya kelestarian lingkungan.

"Keswadayaan masyarakat perlu terus dikembangkan dalam mendukung pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah," katanya.

Selain mendorong perekonomian yang dimulai dari tingkat desa, perangkat pemerintahan desa juga diharapkan tertib administrasi agar mampu menjadi percontohan bagi desa sekitarnya.

Hal ini dilatakan Markus terkait prestasi yang diraih Desa Kapit, Kecamatan Parittiga yang berhasil menjadi desa terbaik evaluasi dan penilaian perkembangan tingkat kabupaten dan berhak mewakili ke tingkat Provinsi Babel.

Untuk menjadi terbaik di tingkat provinsi tidak mudah, butuh proses dan kerja keras bersama oleh semua lini, namun dia berharap Desa Kapit bisa menjadi desa terbaik di Kepulauan Bangka Belitung.

Editor: Riza Mulyadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga