Kamis, 22 Juni 2017

Hari Masuk Kerja Tanggung, Wabup Markus Sidak Kehadiran Pegawai

id Wabup Bangka Barat, Markus, Sidak, Pegawai
Hari Masuk Kerja Tanggung, Wabup Markus Sidak Kehadiran Pegawai
Wakil Bupati Bangka Barat, Markus. (antarababel.com/Donatus Dasapurna Putranta)
Sidak dilaksanakan untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai sesuai instruksi bupati,
Muntok (Antara Babel) - Wakil Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Markus melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah kantor organisasi perangkat daerah sebagai upaya peningkatan disiplin kehadiran pegawai.

Usai mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Atletik Pemkab Bangka Barat, Jumat, Markus bersama Kepala Badan Kepegawaian Daerah langsung berjalan menuju sejumlah kantor OPD.

"Sidak dilaksanakan untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai sesuai instruksi bupati," kata Markus.

Menurut dia, hari ini merupakan hari masuk kerja tanggung karena pada Kamis (1/6) merupakan hari libur nasional dan Sabtu (3/6) sudah libur kerja.

"Biasanya di hari seperti ini dimanfaatkan oknum pegawai untuk tidak masuk kerja, kami tidak ingin pegawai bermalas diri seperti itu," katanya.

Sidak merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan disiplin pegawai dan pihaknya akan menngecek dan mencatat absensi yang ada di kantor OPD di daerah itu.

"Semua akan kami catat dan laporkan ke bupati, jika alasan tidak dapat dipertanggungjawabkan akan dikenakan sanksi sesuai aturan," katanya.

Pada kegiatan itu, Markus menemukan sejumlah pegawai yang tidak mengisi buku absensi dan langsung menanyakan alasan kepada pimpinan kantor, bagian, maupun dinas yang dikunjungi.

Ia meminta atasan pegawai di kantor itu untuk memberikan teguran dan mengingatkan agar meningkatkan kedisiplinan.

"Sebagai pimpinan OPD mereka harus memberikan teguran kepada yang tidak disiplin, dan pegawai juga jangan takut melaporkan jika pimpinan tidak disiplin," katanya.

Terkait sanksi yang akan diberikan kepada para pelanggar kedisiplinan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BKD untuk memanggil pegawai yang bersangkutan.

"BKD telah menyiapkan bentuk sanksi yang sesuai aturan, kami berharap para pegawai semakin sadar pentingnya meningkatkan kedisiplinan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Editor: Rustam Effendi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga