Enam Rumah Rusak Terdampak Banjir di Garut

id banjir
Enam Rumah Rusak Terdampak Banjir di Garut
ilustrasi banjir, ilustrasi rumah terbenam. (ANTARA News / Ridwan Triatmodjo)
Airnya sangat deras menyebabkan benteng perumahan jebol,
Bandung (Antara Babel) - Sebanyak enam rumah rusak akibat terdampak bencana banjir bandang yang melanda pemukiman Komplek Perumahan Pesona Intan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (5/6) malam.

Tokoh masyarakat Perumahan Pesona Intan, Anang mengatakan, tanggul jebol menyebabkan air mengalir deras hingga merusak rumah warga.

"Airnya sangat deras menyebabkan benteng perumahan jebol," kata Anang di Garut, Selasa pagi.

Ia menuturkan, sebelum terjadi banjir bandang, hujan deras sempat mengguyur wilayah Garut sejak pukul 20.00 WIB hingga menjelang tengah malam.

Akibatnya, kata Anang, air dari Sungai Ciojar yang berada di belakang perumahan meluap lalu menggenangi pemukiman rumah.

"Baru pertama kali banjir melanda perumahan sini," katanya.

Ia mengatakan, selain merusak rumah, banjir juga sempat menyeret empat unit sepeda motor dan satu mobil yang di parkir di perumahan tersebut.

"Empat motor itu hanyut hingga ke sawah, mobil juga terbawa sekitar 200 meteran," katanya.

Selain Perumahan Pesona Intan, banjir juga melanda pemukiman penduduk di Perumahan Cijati Asri, dan menggenangi kawasan Kampung STIE Yasa Anggana, Kecamatan Tarogong Kidul.

Banjir bandang juga melanda jalanan utama perkotaan Garut seperti Jalan Ciateul, dan Jalan Otto Iskandardinata.

Banjir yang cukup besar mengalir deras terjadi di Jalan Otto Iskandardinata depan pertokoan Aladin menyebabkan kendaraan tidak dapat melintasi jalan itu.

Editor: Riza Mulyadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga