Kamis, 29 Juni 2017

MPR: Pemerintah Siapkan Infrastruktur Mudik Dengan Baik

id MPR, Pemerintah, Mudik, Infrastruktur
MPR: Pemerintah Siapkan Infrastruktur Mudik Dengan Baik
Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid. (ANTARA News/Lia Wanadriani Santosa)
Mudik Lebaran telah menjadi tradisi tahunan masyarakat di Indonesia, sehingga infrastruktur jalan raya, moda transportasi, maupun petugasnya perlu disiapkan secara baik,
Jakarta (Antara Babel) - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengingatkan Pemerintah Indonesia untuk mengantisipasi arus mudik Lebaran dengan menyiapkan infrastruktur yang terkait arus mudik dengan baik.

"Mudik Lebaran telah menjadi tradisi tahunan masyarakat di Indonesia, sehingga infrastruktur jalan raya, moda transportasi, maupun petugasnya perlu disiapkan secara baik," kata Hidayat Nur Wahid seperti dikutip Humas melalui siaran persnya yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut Hidayat, mudik merupakan kegiatan rutinitas setiap tahun dan menjadi hajat bagi sebagian besar rakyat Indonesia.

Menyiapkan infrastruktur jalan raya maupun petugas, kata dia, hendaknya tidak hanya dilakukan oleh Pemerintah menjelang arus mudik, tapi sejak jauh hari sebelumnya sehingga persiapannya menjadi maksimal.

"Pengelolaan moda transportasi, hendaknya disiapkan sepanjang waktu. Ada atau tidak ada arus mudik, moda transportasi sebaiknya selalu siap," katanya.

Menurut Hidayat, moda transportasi perlu dikelola dengan baik, karena arus mudik tidak hanya terjadi mejelang Lebaran, tapi juga saat liburan Natal, Tahun Baru, maupun libur sekolah.

"Jadi, seharusnya urusan transportasi, kelancaran, dan keselamatan disiapkan sepanjang waktu," paparnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini memberikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia yang telah menyiapkan jalan raya untuk para pemudik.

Hidayat berharap, arus mudik Lebaran pada tahun ini lebih baik daripada tahun lalu.

"Jangan sampai terjadi lagi peristiwa Brebes exit (Brexit), yakni kemacetan yang sangat panjang di ruas jalan tol pada pintu keluar di Brebes," katanya.

Editor: Rustam Effendi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga