Kamis, 24 Agustus 2017

Kepala Kantor Kemenag: Berzakat Tidak Mengurangi Harta

id zakat
Kepala Kantor Kemenag: Berzakat Tidak Mengurangi Harta
Ilustrasi - Umat muslim membayarkan zakat fitrah kepada panitia amil zakat di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (9/6/2017). Waktu pembayaran dibuka hingga malam takbiran dengan pembayaran zakat senilai Rp50ribu dan beras 3,5 liter. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Pangkalpinang (Antara Babel) - Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Andi M Darlis mengatakan berzakat pada hakikatnya bukan mengurangi harta tetapi justru sebaliknya membuat harta yang dimiliki lebih mendapat keberkahan.

"Karena itu saya mengajak khususnya pegawai Kemenag mari tunaikan zakat harta bagi yang sudah sampai nisabnya," katanya dalam acara berbuka puasa bersama di MAN 1 Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan, potensi zakat harta terutama penghasilan para pegawai negeri di daerah itu sangat besar yakni mencapai miliaran rupiah dan itu akan sangat membantu bagi mereka yang membutuhkan.

"Potensi ini sangat bagus jika dikelola dengan baik sebagai basis kekuatan ekonomi Islam. Karena itu saya mengajak kita semua jangan lalai membayar zakat," ujarnya.

Menurut dia, secara umum pegawai negeri di lingkungan Kemenag Babel sudah memenuhi syarat untuk mengeluarkan zakat.

"Rata-rata berpenghasilan Rp5 juta per bulan dan ini menurut saya sudah memenuhi syarat untuk membayar zakat," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Andi juga mengajak untuk saling berbagi dalam bulan suci Ramadhan sehingga akan terasa indahnya bulan penuh rahmat dan pengampunan ini.

"Berbagi kepada sesama dan fokus dalam beribadah, ini bulan istimewa dan sebaik-baiknya bulan," katanya.

Editor: Riza Mulyadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga