Jumat, 18 Agustus 2017

Pemkab Bangka Barat Minta Pedagang Jaga Stabilitas Harga

id Wakil Bupati Babar, Markus, Pedagang
Pemkab Bangka Barat Minta Pedagang Jaga Stabilitas Harga
Wakil Bupati Bangka Barat, Markus. (antarababel.com/Donatus Dasapurna Putranta)
Kestabilan harga di pasar akan sangat membantu masyarakat seiring meningkatnya kebutuhan yang akan dibeli untuk persiapan lebaran, kami minta para pedagang tidak menaikkan harga,
Muntok (Antara Babel) - Wakil Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Markus meminta para pedagang di daerah itu menjaga stabilitas harga berbagai bahan kebutuhan pokok agar tidak memberatkan masyarakat menjelang Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Kestabilan harga di pasar akan sangat membantu masyarakat seiring meningkatnya kebutuhan yang akan dibeli untuk persiapan lebaran, kami minta para pedagang tidak menaikkan harga," kata Markus di Muntok, Senin.

Ia mengatakan pemerintah setempat melalui dinas terkait terus melakukan pemantauan harga dan pengawasan distribusi bahan kebutuhan pokok menjelang lebaran.

Langkah tersebut diambil untuk menjamin kelancaran dan ketersediaan bahan pokok di pasaran sekaligus menjaga kestabilan harga.

"Dibentuknya satuan tugas pangan bekerja sama dengan kepolisian merupakan langkah tepat untuk mengantisipasi fluktuasi harga yang tidak menentu, kami terus tingkatkan koordinasi untuk melindungi konsumen," katanya.

Peran serta satgas pangan dalam pengawasan kebutuhan pokok di daerah itu cukup membantu masyarakat, terbukti dengan stabilnya harga sejumlah kebutuhan seminggu menjelang lebaran ini.

Pantauan di Pasar Muntok, harga beberapa komoditas mengalami kenaikan, namun masih dalam batas wajar, seperti harga daging ayam yang biasa dijual dengan harga Rp24.000 hingga Rp26.000 saat ini naik menjadi Rp28.000 per kilogram.

Harga cabai keriting saat ini Rp35.000 per kilogram, cabai kecil lokal Rp70.000 per kilogram, bawang putih pada minggu sebelumnya dijual Rp50.000 saat ini turun menjadi Rp40.000 per kilogram bawang merah naik dari Rp30.000 menjadi Rp35.000 per kilogram.

Editor: Rustam Effendi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga