Sukirman: Hakikat Berkurban Untuk Menumbuhkan Kepekaan Sosial

Muntok, 25/10 (ANTARABabel) - Wakil Bupati Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, H Sukirman, mengatakan berkurban pada  hari raya Idul Adha akan menumbuhkan rasa kepekaan sosial kepada masyarakat dan lingkungannya.

"Selain menunaikan ibadah murni untuk Allah, inti dari kurban itu sendiri adalah rela berkorban dengan ikhlas terhadap sesama," ujarnya di Muntok, Kamis.

Ia mengatakan, siapa pun mampu membeli hewan kurban dengan kemampuan keuangannya, tetapi kalau rasa ke-aku-annya masih tinggi dalam menunaikan ibadah tersebut, kemungkinan tidak akan mendapat nilai sosial dan pahala.

Menurut dia, berkurban bukan hanya sekedar mengalirkan darah yang diterima oleh Allah, melainkan keikhlasannya dalam berkurban.

"Melalui nilai dan makna kurban tersebut, manusia dapat mengekang nafsu hewaniyah dan emosinya, karena dalam setiap diri manusia terdapat nafsu hewaniyah dan inilah yang harus ditaklukkan," ujarnya.

Ia juga mengajak umat Islam menempatkan rasa ikhlas dan sabar dengan baik dan semestinya melalui kurban ini manusia hidup diberikan hati yakni untuk menyensor, meninggalkan sifat dan perilaku perbuatan setan.

Melaksanakan kurban, kata dia, dapat juga bermakna sebuah perjuangan ke depan dalam mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat, yang tentunya  didasari rasa ikhlas dan sabar.

Sementara itu, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Bangka Barat, menyebutkan pada hari raya Idul Adha 1433 Hijriyah  pada Jumat (26/10) akan digelar Shalat Ied di Lapangan Gelora Muntok.

"Untuk mengantisipasi hujan, kami juga menyediakan beberapa titik alternatif tempat Shalat Ied di sejumlah masjid di sekitar lapangan tersebut, seperti Masjid Baitul Hikmah dan Jamik serta beberapa masjid lainnya," ujar Kepala Bagian Kesra Setda Bangka Barat H Zumrowi Achyar.

Ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pengurus masjid agar menyiapkan tempat menampung jamaah jika hujan.

Zumrowi mengatakan, pelaksanaan Shalat Ied di ibu kota Kabupaten Bangka Barat ini tidak hanya fokus di lapangan Gelora, tetapi juga di Masjid Baitul Hikmah, Jamik, Al Baroah dan masjid lainnya.

"Rencananya Bupati Bangka Barat H Zuhri M Syazali, Wabup H Sukirman, Sekda Ramli Ngad Jum, dijadwalkan akan bersama-sama melakukan Shalat Ied di Lapangan Gelora," kata dia.