Wakil Bupati Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Riza Herdavid mengingatkan seluruh masyarakat di daerah itu agar tetap memperhatikan kebersihan lingkungan untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit.

"Kondisi musim penghujan seperti sekarang, kebersihan lingkungan menjadi perhatian serius agar tetap terjaga untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit khususnya demam berdarah dengue atau DBD," kata Riza di Toboali, Senin.

Ia mengajak masyarakat yang dekat dengan aliran sungai dilarang membuang sampah di sungai itu karena dapat mengakitan banjir akibat tumpukan sampah.

"Prilaku hidup sehat harus mulai ditanamkan seluruh lapisan masyarakat terutama di kawasan padat penduduk, untuk mencegah penyakit DBD hendaknya mengikuti anjuran petugas penyuluh kesehatan," katanya.

Menurut dia, pencegahan DBD maupun penyakit lainnya, lebih ditekankan pada kesadaran masyarakat itu sendiri, tidak dapat hanya dibebankan ke petugas kesehatan saja.

Adapun cara efektif mencegah DBD yakni dengan menerapkan perilaku 4M plus yakni menguras, mengubur, menutup dan memantau.

"Penerapan 4M plus guna memutus rantai perkembangbiakan nyamuk penyebab DBD harus dilakukan secara rutin minimal satu minggu sekali," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019