Desa Gadung Kabupaten Bangka Selatan dipastikan mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengikuti Lomba Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik (G1R1J) ke tingkat nasional.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Bangka Selatan, Supriyadi di Toboali, Selasa mengatakan Desa Gadung mewakili Babel ke tingkat nasional ini setelah berhasil lolos melalui seleksi di tingkat kabupaten dan provinsi.

"Dipilihnya Desa Gadung mewakili Babel ke Tingkat Nasional karena mereka telah berinovasi dengan melaksanakan program satu rumah satu jumantik sejak tahun 2016 silam," katanya.

Tidak hanya itu, bahkan Pemerintah Desa juga menganggarkan honor untuk kader jumantik melalui Dana Desa dan sejak saat itu Desa Gadung terbebas dari kasus Demam Berdarah Degue (DBD).

Ia mengatakan saat ini tim penilai dari pusat sudah turun langsung untuk melihat langsung program inovasi Desa Gadung tersebut dalam mengentaskan kasus DBD di daerah itu.

"Beberapa waktu lalu tim penilai dari Bapenas didampingi Bappeda dan Dinkes Provinsi Babel sudah melakukan penilaian langsung ke Desa Gadung untuk melihat langsung program desa tersebut," katanya.

Adapun penilaian dari tim pusat meliputi peran desa dan kader jumantik dalam pengendalian demam berdarah di wilayah desa dengan cara melakukan wawancara mendalam terhadap kader jumantik.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019