Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Pangkalpinang Tahun 2020 dengan tema "Percepatan Pembangunan Kewilayahan dan Reformasi Birokrasi secara Konsisten Serta Berintegritas Menuju Pangkalpinang yang Sejahtera".

"Musrenbang RKPD Kota Pangkalpinang tahun ini diarahkan untuk melahirkan program/kegiatan yang mampu mendorong peningkatan kapasitas masyarakat dari segi penguatan ekonomi, kemandirian dan daya asing," kata Wakil Wali Kota Pangkalpinang, M sopian, Kamis.

Atas dasar itu, dirinya menginstruksikan dan mengimbau kepada seluruh OPD untuk merumuskan program-program kegiatan yang pro terhadap kepentingan masyarakat.

"Isu-isu seputar peningkatan pelayanan publik, penanggulangan banjir, penerangan jalan umum (PJU), pengendalian sampah dan tata ruang dalam kerangka perluasan pembangunan menjadi prioritas utama yang akan kita selesaikan untuk tahun 2020 mendatang," katanya.

Sopian menjelaskan Musrenbang menjadi media pemerintah untuk melibatkan partisipasi masyarakat secara paripurna.

"Pelibatan masyarakat dalam pembangunan merupakan hal yang mutlak, selain merangkul keikutsertaan masyarakat  itu sendiri, partisipasi yang diberikan secara tidak langsung memberi peningkatan kapasitas program yang dijalankan khususnya oleh pemerintah maupun kepentingan masyarakat itu sendiri," jelasnya.

Dikatakannya, Pemkot Pangkalpinang terus berusaha untuk menata dan memperbaiki mekanisme perencanaan di berbagai tingkatan untuk mempertemukan kebutuhan masyarakat dengan apa yang akan diprogramkan pemerintah. 

Idealnya pelaksanaan Musrenbang melibatkan masyarakat mulai dari tahapan proses, penentuan dan pelaksanaan, termasuk stakeholder secara bersama memikirkan bagaimana membiayai dan mengimplementasikan hasil Musrenbang seperti yang dilakukan saat ini.

"Pada tahun ini, Pemerintah Kota Pangkalpinang juga melakukan berbagai penataan di berbagai bidang. Khusus dari aspek perencanaan, tahapan pelibatan masyarakat kita perkuat mulai dari Penyelenggaraan Rembug di 42 kelurahan, dan melaksanakan Musrenbang RKPD di 7 kecamatan," ujarnya.

Sopian berharap dengan penataan dan perbaikan di berbagai bidang dapat menjadi stimulan bagi Ibu Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini untuk lebih baik dari waktu ke waktu.

"Kami berharap kebersamaan dan kerja sama seluruh pihak, pembangunan di Kota Pangkalpinang ke depan bisa lebih baik dan tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019