Wakil Bupati Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Riza Herdavid mengharapkan pelaksanaan Ngameru atau acara syukuran paskah panen padi dapat semakin meningkatkan motivasi masyarakat Desa Pangkalbuluh untuk menanam padi.

"Kegiatan Ngameru, merupakan wujud sukur petani Desa Pangkalbuluh, atas panen padi yang berlimpah dan ini merupakan tradisi turun-temurun warga setempat, untuk itu kami berharap melalui acara ini motivasi petani dalam meningkatkan produksi beras semakin tinggi," kata Riza di Toboali, Sabtu.

Menurut dia, dengan luas tanam 165 hektar petani Desa Pangkalbuluh bisa menghasilkan 442 ton padi. Dengan keberhasilan ini patut disyukuri artinya berkat kerja keras petani dan pemerintah panen yang melimpah bukan jadi mimpi semata.

"Sekarang mungkin hanya untuk komsumsi warga lokal, minimal warga Pangkalbuluh tidak beli beras lagi, kedepannya dengan dibantu Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Basel produksi beras di desa ini bisa terus meningkat dan bisa dijual keluar daerah," katanya.

Kabid Tanaman Pangan Holtikultura, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Patoni mengatakan untuk meningkatkan produksi padi ladang di Bangka Selatan, pihaknya akan membantu petani dengan bibit padi varietas unggul.

"2018 lalu kami membantu sar prodi untuk padi ladang seluas 100 H, dan alhamdulillah bisa ditanam hingga mencapai 165 H, pada 2019 nanti untuk meningkatkan produksi padi ladang pihaknya akan memberikan benih padi ladang varietas unggul," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019