PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN Babel) membina 10 desa wisata dalam rangka mendukung sektor wisata melalui program CSR PLN Peduli berbasis pemberdayaan yang berkesinambungan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

General Manager PLN Babel, Abdul Mukhlis di Pangkalpinang, Kamis, mengatakan kesepuluh desa wisata yang dibina tersebut tersebar di Pulau Bangka dan Belitung.

"Seperti di Desa Kenanga, PLN melakukan pelestarian lingkungan hidup melalui penanaman pohon mangrove, trembesi dan tanaman produksi. Di sini pengunjung dapat menikmati paket wisata tanam pohon," katanya.

Kemudian di Pangkalpinang, bersama dengan komunitas Alobi PLN melakukan pelestarian lingkungan hidup melalui pembuatan mini zoo sebagai sarana habituasi dan edukasi satwa. Di sini pengunjung dapat menikmati berinteraksi dengan satwa-satwa yang sedang di habituasi sebelum nantinya dilepaskan ke alam.

"Tidak jauh dari lokasi mini zoo tersebut, kami berkolaborasi dengan komunitas Rasau dengan mengembangkan pusat kuliner, UMKM dan taman bermain keluarga," katanya.

Sementara di Kabupaten Bangka Tengah PLN berkolaborasi dengan komunitas peduli hutan dengan mengembangkan produk-produk hasil agrowisata. Sedangkan di desa Sungaiselan, bersama dengan kelompok nelayan melakukan peningkatan kesejahteraan nelayan dengan penguatan fungsi koperasi.

Kemudian untuk di Pulau Belitung kolaborasi dilakukan dengan Desa Terong dengan mengelola wisata bekas lahan tambang menjadi agrowisata dan kuliner. Masih tidak jauh dari Desa Terong, PLN melakukan pembinaan di desa keciput dengan mengembangkan wisata penangkaran dan pelepasan penyu.

Wisata mangrove yang saat ini cukup berkembang juga digarap bersama dengan komunitas Desa Tanjung tinggi melalui wisata tracking mangrove dan Desa Sijuk melalui wisata susur mangrove menggunakan kapal listrik, sehingga pengunjung dapat menikmati mangrove beserta dengan satwa-satwa unik di sekelilingnya. Selain itu, di Batu Mentas PLN melakukan pembinaan melalui penangkaran menthilin yang merupakan satwa langka khas Bangka Belitung.

"Dalam mengembangkan kawasan binaan PLN selalu mengedepankan program pemberdayaan yang berkelanjutan sehingga pada akhirnya masyarakat menjadi mandiri dan memberikan dampak ekonomi dan mendorong perkembangan pariwisata," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019