Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di Pelabuhan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tetap bekerja seperti biasanya tepat pada perayaan hari Buruh Internasional 1 Mei 2019.

"Kami tahu hari ini adalah hari Buruh Internasional 1 Mei 2019, tetapi kami pilih tetap bekerja karena ada kegiatan bongkar muat sekarang," kata salah seorang TKBM Yanto (35) di Tanjung Pandan, Rabu.

Ia mengatakan, jika bekerja dihari libur nasional biasanya mereka akan mendapatkan pembayaran tambahan dalam kegiatan bongkar muat tersebut dibandingkan hari-hari biasanya.

"Kami dapat tambahan 35 persen jika hari libur tetapi tetap bekerja seperti ada kegiatan bongkar muat sekarang," kata dia.

Menurut dia, pada momentum perayaan hari
Buruh 1 Mei 2019 tersebut, mereka berharap agar jaminan kesejahteraan para buruh di daerah itu bisa terus meningkat.

Saat ini, kata dia, TKBM di daerah itu masih dikelola oleh pihak koperasi, mereka juga akan dirotasi kepada beberapa pihak pelayaran yang membutuhkan jasanya.

"Kami terbagi dua kelompok, kalau ada kapal baru bekerja dan dirotasi. Upahnya tergantung kepada jumlah berat muatan bongkar muat nanti pihak koperasi mengajukan kepada pihak pelayaran keberatan atau tidak," katanya.

Ia menambahkan, sejumlah TKBM di daerah itu sudah terdaftar sebagai peserta baik jaminan sosial ketenagakerjaan dan kesehatan.

"Alhamdulillah, kami sudah terdaftar sebagai peserta jaminan sosial ketenagakerjaan dan kesehatan karean setiap bulannya kami setor untuk pembayaran itu," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019