Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung harus kehilangan empat kursi anggota DPRD dalam pemilu serentak pada 17 April 2019.

Data yang berhasil dihimpun Antara, Kamis, Partai Golongan Karya dalam pemilu serentak 2019 hanya mampu meraih empat kursi DPRD atau harus tergerus dan kehilangan empat kursi, dimana dalam pemilu legislatif 2014 mereka berhasil merebut sebanyak delapan kursi DPRD.

Partai berlambang pohon beringin ini tidak hanya kehilangan empat kursi, tetapi juga harus melepas kursi Ketua DPRD.

Posisi Ketua DPRD disalip Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mampu mempertahankan perolehan sebanyak lima kursi legislatif. Golkar hanya mampu merebut kursi Wakil Ketua DPRD Bangka Tengah.

PDIP Bangka Tengah mampu meraih total suara pemilu serentak sebanyak 18.558 suara, sementara Partai Golkar meraih 16.540 suara.

Tergerusnya kursi Partai Golkar tentu di luar ekspektasi mereka, karena secara percaturan politik dianggap mampu mempertahankan jumlah kursi yang ada.

Namun di luar dugaan, beberapa partai politik peserta pemilu mampu meraih kursi dimana sebelumnya tidak mendapatkan kursi. Selain itu, ada juga sebagian partai politik yang jumlah kursinya bertambah.

Kondisi tersebut membuat kursi Partai Golkar harus tergerus dari delapan kursi menjadi empat kursi karena "dikeroyok" beberapa partai politik lainnya yang berhasil menambah dan mendapatkan kursi DPRD.

Beberapa partai politik peserta pemilu yang berhasil mendapatkan dan menambah jumlah kursi yaitu Partai Nasdem sebelumnya hanya mampu meraih satu kursi bertambah menjadi tiga kursi.

Kemudian Partai Gerindra sebelumnya hanya meraih dua kursi, namun dalam Pemilu 2019 bertambah menjadi tiga kursi.

Demikian juga Partai Demokrat yang sebelumnya hanya mendapatkan satu kursi, namun sekarang bertambah menjadi dua kursi.

Partai PKB di luar dugaan, dimana sebelumnya tidak mendapatkan kursi DPRD namun dalam pemilu serentak 2019 berhasil merebut satu kursi.

Empat partai politik tersebut yaitu Nasdem, Gerindra, Demokrat dan PKB menunjukkan grafik positif dalam pertarungan politik 2019 dan mampu mengganggu Partai Golkar dalam perebutan kursi.

PKB yang sebelumnya tidak mendapatkan kursi, kemungkinan besar berhasil "mengudeta" Partai Hanura yang sebelumnya meraih satu kursi namun dalam pemilu tahun ini harus kehilangan kursi. 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019