Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan penjagaan dan patroli sejumlah rumah ibadah, untuk menjaga situasi keamanan dan kedamaian umat Islam dalam menjalankan ibadah shalat tarawih.

"Kami siapkan personel khusus untuk menjaga rumah ibadah bagi umat Islam, mereka patroli keliling sekaligus melaksanakan tarawih keliling (tarling)," kata Kabag Ops Polres Bangka Tengah, Kompol Sarwo Edi W di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, patroli malam dilakukan personel dari Shabara mulai dari shalat tarawih sampai pelaksanaan ibadah sahur dan shalat subuh berjamaah.

"Ini dilakukan setiap hari untuk memastikan umat Islam bisa melaksanakan ibadah dengan tenang dan damai, tanpa ada gangguan keamanan," ujarnya.

Ia menjelaskan, operasi cipta kondisi tersebut dilakukan dalam Ramadan hingga berlanjut nanti dengan Operasi Ketupat atau pengamanan Lebaran Idul Fitri.

"Kami juga melakukan razia terhadap warga yang membunyikan petasan karena dapat mengganggu ketenangan umat Islam melaksanakan ibadah Ramadan," ujarnya.

Ia menjelaskan, pengamanan Ramadan juga dilakukan oleh jajaran kepolisian sektor seluruh kecamatan dengan strategi pengamanan yang sama.

"Kalau di Kecamatan Koba, tentu personel Mapolres dan Polsek Koba bergabung, sementara pengamanan di kecamatan lain dilakukan jajaran kepolisian sektor," ujarnya.

 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019