Persediaan bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dinilai masih aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu menyambut Lebaran Idul Fitri 1440 Hjiriah.

"Persediaan sejauh ini cukup dan aman untuk memenuhi kebutuhan lebaran hingga dua pekan berikutnya," kata Kepala Bidang Usaha Perdagangan, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Wigman WS di Tanjung Pandan, Jumat.

Ia mengatakan, berdasarkan rekapitulasi daftar stok kebutuhan pokok pada tingkat distributor di daerah itu menyatakan bahwa stok untuk komoditas beras mencapai 996 ton, gula pasir 362 ton, garam 260 ton, dan tepung terigu sekitar 77 ton.

Sedangkan stok komoditi minyak goreng, kata dia, jumlahnya sebanyak 211,594 ton, tepung sagu 60 ton, kacang kedelai 66 ton, kacang tanah 12,2 ton dan kacang hijau 5,2 ton.

"Harga - harga di pasar stabil dan terjangkau bagi masyarakat misalnya harga bawang putih sudah turun menjadi Rp20.000 - Rp.30.000 per kilogram," katanya.

Disampaikan dia, pihaknya juga terus memantau harga daging sapi di daerah itu jelang Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah agar tidak terjadi kenaikan dan lonjakan harga.

"Kalau stok daging mencukupi ini cuma masalah harga saja jangan sampai ada kenaikan" ujarnya.

Ia mengimbau masyakarat di daerah itu agar dapat berbelanja dengan bijak menyambut Lebaran Idul Fitri 1440 Hjiriah nanti.

"Silahkan masyarakat berbelanja dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019