Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Thony Marza stok mengatakan sembako di daerahnya untuk kebutuhan Lebaran dipastikan aman.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan semua distributor sembako untuk memastikan kondisi stok sembako untuk kebutuhan Lebaran, dan kondisinya masih cukup aman," katanya di Sungailiat, Jumat.

Dia mengimbau seluruh masyarakat meskipun stok sembako cukup aman di pasar namun hendaknya masyarakat membeli sembako sesuai dengan kebutuhannya.

"Saya melakukan pembelian sembako diluar kebutuhan karena akan mubazir, meskipun diketahui kebutuhan pangan masyarakat mengalami peningkatan di hari lebaran dibandingkan pada hari biasanya," katanya.

Menurutnya, harga kebutuhan pangan atau sembako ditingkat pedagang di pasar Sungailiat dan pasar tradisional lainnya di Kabupaten Bangka rata-rata belum mengalami peningkatan.

"Harga untuk hampir seluruh jenis kebutuhan tidak mengalami peningkatan seperti, beras, minyak goreng gula, bawang merah, bawang putih dan lainnya," jelasnya.

Untuk mendapatkan harga kebutuhan pokok dengan harga murah kata dia, pihaknya selama bulan ramadhan sudah melakukan operasi basar murah selama lima kali dengan melibatkan langsung sejumlah distributor.

"Operasi pasar yang sudah dilakukan selama lima kali, cukup membantu masyarakat mendapatkan harga murah termasuk berhasil menekan inflansi kebutuhan sembako," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019