Komisi IV DPRD Bangka Belitung (Babel) ikut memberi perhatian terhadap pembinaan gerakan Pramuka di Babel, dengan melakukan kunjungan kerja ke Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka DKI Jakarta pekan kemarin.

"Kami menggali informasi bagaimana perkembangan pramuka disana, khususnya di bagian anggaran agar Babel dapat kucuran dana untuk memajukan pramuka," kata Ketua Komisi IV DPRD Babel, Mohammad Tanwin, di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, saat ini anggaran pembinaan untuk pramuka belum menggembirakan. Beberapa masukan juga diterima pihaknya dalam konsultasi kunker tersebut.

Sinergitas antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melibatkan gerakan Pramuka dalam suatu kegiatan sangat dibutuhkan untuk mengembangkan pramuka di daerah.

"Selain dana hibah, mereka terapkan sinergitas antara dinas di pemerintahan dengan pramuka. Misalnya, dinas kepemudaan dan olahraga yang melibatkan pramuka di suatu kegiatan," ujarnya.

Selain itu, ada juga Perda yang diterbitkan oleh DKI Jakarta untuk mengintensifkan gerakan pramuka di lingkungan sekolah. Ini diharapkan dapat diterapkan di Babel karena gerakan pramuka ini berperan besar dalam membentuk karakter generasi penerus pembangunan.

Dengan pendidikan yang ditanamkan seperti sikap cinta tanah air, menjunjung tinggi nilai keagamaan dan perilaku toleransi sehingga secara nyata membentuk insan yang bertanggung jawab, amanah, tangguh, luhur dalam sikap dan perbuatan.

"Disana sekarang para siswa mengenakan seragam pramuka dari hari Rabu sampai Sabtu, jadi pramuka bukan hanya sekedar ekstrakulikuler saja tetapi menjadi unggulan, agar anak-anak tidak menghabiskan waktu dengan gadget ataupun game online," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019