Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan membentuk tim khusus yang berfungsi sebagai tim penyelamat pada saat terjadi kebakaran. 

"Kami berencana menyiapkan tim penyelamat kebakaran ini sebanyak 15 orang. Mereka ini harus mempunyai kemahiran khusus saat misi penyelamatan pada waktu terjadi kebakaran," ujar Plt Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Pangkalpinang, Susanto, Senin.

Selain mempunyai kemampuan khusus, seluruh tim penyelamatan ini nantinya akan dibekali dengan peralatan keamanan agar terhindar dari bahaya kebakaran.

"Nantinya seluruh tim penyelamat akan kami kirim ke Korem 045/Gaya untuk dilatih. Tujuan dibentuknya tim ini untuk menopang kinerja pemadam kebakaran. Untuk perlengkapan keamanan kami ajukan dengan dana APBD," katanya.

Terkait hal itu, kata Dia, Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil sangat antusias mengenai kemanusiaan dan berharap kedepanya dapat membantu program Pemkot Pangkalpinang.

"Tugas Damkar itu bukan hanya memadamkan api, banyak hal lain yang lebih kompleks. Ada juga beberapa hari yang lalu masyarakat resah banyaknya lebah dan tetap kami turunkan tim untuk mengatasi hal itu," katanya.

Ia berharap dengan dibentuknya tim khusus penyelamat tersebut, Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Pangkalpinang dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019