Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengoptimalkan Pusat Pelayan Terpadu (Pusyandu) guna pemerataan pelayanan di bidang kesehatan.

Pusyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan Pusyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat dengan tujuan pemerataan pelayanan kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bangka Selatan,  Supriyadi di Toboali, Selasa.

Ia mengatakan untuk lebih mengoptimalkan peran dan fungsi Pusyandu, beberapa waktu lalu Dinkes telah mengumpulkan para kader, khususnya wilayah Air Gegas untuk mengingatkan agar lebih giat mengaktifkan kegiatan posyandu.

"Beberapa waktu lalu kami telah mengumpulkan seluruh tenaga kesehatan yang tergabung dalam Pusyandu guna mengingatkan motivasi para kader untuk lebih aktif melaksanakan kegiatan Pusyandu untuk investasi SDM yang unggul di masa yang akan datang," Kata dia.

Menurut dia, Pusyandu juga diharapkan dapat menjadi sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan system pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan.

Adapun kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pendidikan gizi masyarakat serta pelayanan kesehatan ibu dan anak.

"Kami harap Pusyandu dapat dimaksimalkan guna melakukan pemantauan tumbuh kembang balita dan kesehatan ibu hamil, sehingga tidak ada kematian ibu, bayi serta tidak ada kejadian stunting di wilayah Bangka Selatan," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019