Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Radmida Dawam mengatakan peran keluarga terutama orang tua sangat penting dalam memberikan perlindungan kepada anak.

"Anak itu ibaratkan kertas putih, mau kita arahkan kemana mereka tergantung pada kita sebagai orang tua dalam mendidik. Jadi pendidikan anak yang paling pertama dan itu dari keluarga. Guru sifatnya hanya membantu saja," katanya saat memberikan sambutan pada Seminar Bersama Pendidik PAUD se Kota Pangkalpinang, Selasa.

Menurutnya tingkah laku anak dan daya fikir anak sangat tergantung pada pola asuh dan pola didik para orang tua terhadap anak.

Sebagai orang tua wajib untuk memenuhi apa yang menjadi hak dan kebutuhan anak seperti mendapatkan pendidikan, kesehatan dan sebagainya.

"Peran keluarga dalam perlindungan anak sangat penting, karena akan menentukan mau dibawa kearah mana anak kita. Ada 10 hak anak yang harus kita penuhi diantaranya hak mendapatkan pendidikan, kesehatan, perlindungan dan lain sebagainya," ujarnya.

Radmida berharap kepada para peserta seminar aktif bertanya bagaimana cara mendidik anak yang baik, agar nantinya bisa menjadikan generasi muda Pangkalpinang kedepan menjadi hebat.

"Dalam rangka hari anak ini Pemkot Pangkalpinang sangat mengapresiasi sekali kegiatan seminar ini, semoga ilmu yang didapatkan ini nanti dapat mendidik generasi muda kita menjadi generasi yang hebat," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019