Puluhan peserta yang berasal dari dalam maupun luar daerah mengikuti Festival Mural yang merupakan rangkaian kegiatan event pariwisata nasional Toboali City On Fire (TCOF) Season IV.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan, Haris Setiawan di Toboali, Mengatakan Festival Mural yang dilaksanakan ini adalah merupakan rangkaian kegiatan dari event pariwisata TCOF Season IV.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan pengembangan kawasan, jadi kami ingin memviralkan kawasan yang sebelumnya tidak memiliki nilai sebagai destinasi wisata dengan dikelola dirapikan serta dilukis dapat menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi wisatawan," katanya.

Ia mengatakan untuk jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 33 grup baik yang berasal dari dalam dan luar Bangka Selatan, seperti Beruas, Jogjakarta dan Surabaya serta lainnya.

"Jumlah peserta 33 grup yang berasal dari Bangka Selatan, Bangka Tengah dan Jogjakarta serta beberapa daerah lainnya," katanya.

Ketua Pelaksana Vinsent mengatakan peserta yang berasal dari luar Bangka, seperti Jakarta, Yogyakarta, dan provinsi lainnya di Indonesia sangat antusias mengikuti perlombaan melukis dinding ini.

Buktinya, para peserta tidak hanya berasal dari Bangka saja, bahkan diluar Bangka. Menurutnya,  ini dapat menjadi magnet yang sangat luar biasa untuk menarik para seniman yang ada di Indonesia untuk datang ke Babel.

"Jumlah peserta sebanyak 33 orang dan sangat antusias mengikuti perlombaan ini. Luar biasa! Ini dapat menjadi magnet untuk menarik para seniman yang ada di Indonesia untuk datang ke Babel, " katanya

Ia menjelaskan, festival mural yang dilaksanakan di Pasar Lama Toboali kali ini mengusung tema adalah " Pasar ", dimana setiap hasil karya yang dilukis oleh para seniman menceritakan tentang aktivitas pasar rakyat.

"Tema kali ini " Pasar". Jadi setiap lukisan itu punya cerita. Ada pesan yang disampaikan disitu, pastinya aktivitas pasar, " jelasnya.

Diakuinya festival mural kali ini merupakan gagasannya dan saat ini pemerintah sedang berupaya merangkul seluruh komunitas. Untuk itu, pihaknya ciptakan komunitas positif yang dapat memberikan manfaat, seperti seni lukis mural ini.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019