Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan sosialisasi pentingnya mengutamakan keselamatan saat melaut.

"Cuaca sedang tidak menentu, sering terjadi angin kencang terutama pada malam hari, kami harapkan para nelayan selalu waspada dan mengutamakan keselamatan," kata Kepala Satpolair Polres Bangka Barat, Iptu Ferry Gunadi di Mentok, Senin.

Menurut dia, keselamatan menjadi prioritas utama yang perlu dikedepankan oleh seluruh nelayan dan lebih baik menunda waktu melaut jika terjadi cuaca buruk untuk menghindari kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja.

"Di laut resiko kecelakaan cukup tinggi, apalagi saat seperti sekarang yang sering terjadi angin kencang mendadak, mereka harus selalu waspada untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Sosialisasi keselamatan kerja terus dilakukan kepada para nelayan di daerah itu agar terhindar dari kecelakaan, seperti yang dilakukan personel Satpolair Polres Bangka Barat saat bertemu dengan para nelayan di Desa Belolaut, Mentok, pada Senin siang.

Pada kesempatan sambang warga tersebut, Ferry Gunadi mengingatkan pentingnya selalu membawa perlengkapan keselamatan nelayan, seperti pelampung, jaket yang bisa menyala, lampu penerangan dan alat komunikasi.

"Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian kami terhadap keselamatan nelayan sekaligus mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan di wilayah perairan," katanya.

Selain menguatkan komunikasi dan koordinasi dengan para nelayan, kegiatan itu juga dimanfaatkan untuk memberikan bantuan alat kelengkapan diri untuk nelayan, berupa jaket keselamatan.

"Kami harapkan kegiatan peduli keselamatan nelayan bisa meningkatnya kesadaran terhadap keselamatan dan menguatkan komunikasi polisi dengan warga pesisir," katanya.

Salah satu nelayan Sony (43) memberikan apresiasi atas terselenggaranya pertemuan itu dan akan berusaha tetap memperhatikan faktor cuaca saat hendak melaut.

"Kami juga berterima kasih telah diperhatikan personel Kepolisian yang telah sudi mengingatkan dan mengayomi warga pesisir," kata Sony.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019