Koba (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, meminta bantuan kapal patroli dari Kepolisian Resor setempat untuk mendistribusikan logistik Pilpres ke Pulau Nangka.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Polisi Resor Bangka Tengah, meminta bantuan satu unit kapal patroli untuk mendistribusikan logistik ke Pulau Nangka dan sudah disetujui," kata Ketua KPU Bangka Tengah Suryansyah di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, di Bangka Tengah hanya terdapat satu pulau yang dihuni ratusan penduduk, yaitu Pulau Nangka sehingga pendistribusian logistik ke desa tersebut menjadi prioritas.

"Memang Pulau Nangka ini sulit dijangkau, karena harus menempuh jalur laut bergelombang lumayan tinggi untuk menjangkau pulau tersebut sehingga ini menjadi perhatian kami," ujarnya.

Justru itu, pihaknya meminta bantuan aparat kepolisian untuk memakai kapal patroli dan sejumlah personel dalam melakukan pengawalan logistik hingga ke Pulau Nangka.

"Pada pemilu legislatif lalu kami juga meminta bantuan aparat kepolisian untuk mendistribusikan logistik, agar tidak terjadi kendala dalam perjalanan," ujarnya.

Data KPU Bangka Tengah menyebutkan DPT Pilpres 2014 tercatat sebanyak 120.401 orang atau jumlahnya bertambah dibanding DPT pemilu legislatif lalu sebanyak 118.891 orang.

Jumlah pemilih tersebut tersebar di enam kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah yaitu Kecamatan Koba, Pangkalanbaru, Namang, Simpangkatis, Sungaiselan dan Kecamatan Lubuk Besar.

Jumlah DPT di Kecamatan Koba terdapat sebanyak 25.777 orang, Kecamatan Pangkalanbaru 27.168, Namang 10.691, Simpangkatis 16.529, Sungaiselan 21.784, dan Kecamatan Lubuk Besar terdapat sebanyak 18.452 warga yang masuk dalam DPT.

Sementara daftar pemilih khusus (DPK) di Bangka Tengah tercatat sebanyak 156 orang.

DPK tersebut tersebar di enam kecamatan yaitu Kecamatan Koba, Lubuk Besar, Namang, Simpangkatis, Sungaiselan dan Kecamatan Pangkalanbaru.

Kecamatan Koba tercatat sebanyak 25 DPK di tiga TPS, Pangkalanbaru 77 DPK di 13 TPS, Namang tiga DPK di dua TPS, Kecamatan Simpangkatis terdapat 30 DPK di enam TPS, Kecamatqn Sungaiselan 20 DPK di dua TPS dan Kecamatan Lubuk Besar sebanyak 1 DPK.

Pilpres yang akan digelar pada 9 Juli diiukti dua pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Pewarta: Oleh Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014