Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan, memimpin secara langsung Upacara Peringatan Detik - Detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera Merah Putih, dalam rangka HUT  ke-74  Kemerdekaan Republik Indonesia di Pangkalpinang,  Sabtu (17/8) yang berjalan dengan sukses, aman, tertib dan lancar.

Upacara yang berlangsung Khidmad tersebut, juga dihadiri Wakil Gubernur Abdul Fatah, Forkopimda, Ketua TP PKK Babel Melati Erzaldi, Wakil Ketua TP PKK Babel Laksmi Abdul Fatah, Pj. Sekda Babel Yulizar, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator Pemprov Babel, Pejabat dari instansi vertikal, Veteran, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tokoh Pemuda.

Selain pejabat daerah, turut hadir sebagai peserta upacara, antara lain Personel TNI-Polri, ASN, Pemuda Pancasila, Perwakilan Pelajar se-Babel.

Upacara Bendera peringatan Detik-detik Proklamasi tahun 2019, tingkat Provinsi Babel ini,  didahului dengan laporan Komandan Upacara Mayor Arm.Frengky Tri Wibowo kepada Gubernur Erzaldi Rosman. Dilanjutkan penghormatan lambang kebesaran, dan Peringatan Detik-detik Proklamasi, yang ditandai dengan penekanan tombol sirine selama satu menit.

Lalu, Pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya dan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung Gubernur Erzaldi selaku Inspektur Upacara, diteruskan dengan pembacaan do’a.

Puncak Peringatan Upacara Detik-detik Proklamasi, yaitu Pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, terdiri dari Pasukan 17 dan Pasukan 45, yang merupakan Gabungan dari Putra-Putri terbaik Babel dan TNI/POLRI.

Yeni Artha Aulia, Siswi SMAN I Simpang Pesak Kabupaten Belitung Timur dipercaya sebagai pembawa Baki Duplikat Sang Saka Merah Putih. Sementara petugas Pengerek dan Pengibar Bendera diberikan kepada Rizky Aryyanto, siswa SMKN 1 Kelapa Kampit Belitung Timur, Rama Krisna Septiawan dari SMKN 1 Koba Bangka Tengah dan Fahran Sauqih Panggabean dari SMKN 4 Kota Pangkalpinang, dengan Danton Riski Adi Nurrahman dari SMAN 2 Toboali Bangka Selatan.

Sebelum Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dilaksanakan, juga ditampilkan Paduan Suara Aubade 17 Agustus 2019, Gabungan dari SMA/SMK Se-Babel dan dibantu oleh Trio Talenta Pelajar serta Trio ASN Pemprov.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019