Ribuan penonton memadati trotoar jalan, untuk menyaksikan pawai dan karnaval pembangunan 2019, dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-74 tahun.

"Antusias masyarakat sangat baik menyambut HUT Kemerdekaan RI ini. Mereka rela duduk dipinggir jalan hanya untuk menyaksikan karnaval pembangunan," kata Kepala Kesbangpol Babel, Tarmin AB, di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan, ribuan masyarakat yang menyaksikan pawai dan karnaval pembangunan 2019 ini tidak hanya masyarakat kota Pangkalpinang saja. Masyarakat dari desa dan Kabupaten yang ada di Bangka turut menyaksikan kemeriahan Hut Kemerdekaan ini.

"Tercatat 162 regu hadir memeriahkan pawai dan karnaval pembangunan tahun ini," ujarnya.

Ia mengatakan, pawai dan karnaval pembangunan 2019 terbagi dalam tujuh kategori, yakni parade drumband yunior, senior, karnaval tingkat SD, SMP, SMA, Perguruan tinggi dan karnaval jalan kaki umum.

Dari tujuh kategori tersebut ada 162 regu, yakni parade drumband yunior 10 regu, drumband senior 25 regu, karnaval tingkat SD 39, tingkat SMP 10 regu, tingkat SMA 27 regu, Perguruan tinggi 7 regu dan pejalan kaki umum 44 regu.

"Alhamdulillah antusias peserta tahun ini sangat baik, begitu juga antusias masyarakat yang menyaksikan pawai dan karnaval pembangunan 2019," ujarnya.

Untuk rute pawai dan karnaval sebagaimana yang telah diagendakan oleh panitia, yakni rute kegiatan pawai/karnaval jalan kaki SD, SLTP, SLTA, perguruan tinggi, umum serta parade drumband yunior dan senior  pada 24 Agustus 2019.

Start dari alun-alun taman merdeka – terus menuju panggung kehormatan (depan rumah dinas Wagub) - jalan jendral sudirman – kiri jalan stania (bukit baru)- kiri jalan ahmad yani (LP lama)- terus jalan ahmad yani (museum timah).

Setelah itu lurus ke jalan ahmad yani (Rs. DKT) – terus perempatan lampu merah jalan mentok – setelah itu menuju masjid jamik – terus perempatan lampu merah jalan sudirman – kiri jalan jendral sudirman serong kiri arah penginapan sera indah jalan belakang Hotel Sabrina (finish).

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019