Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan memberikan layanan vaksin rabies gratis bagi masyarakat yang memiliki hewan peliharaan.

"Layanan vaksin rabies gratis ini akan kami laksanakan pada pekan depan atau lebih tepatnya pada tanggal 13 September 2019 dan kemarin sosialisasinya telah kami laksanakan," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Suhadi di Toboali, Sabtu.

Ia mengatakan jenis binatang yang harus  divaksin rabies gratis, yakni anjing, kucing, musang, kera dalam keadaan sehat dan telah berumur minimal 3 bulan serta tidak dalam keadaan bunting.

"Sampai saat ini setidaknya sudah 40 orang masyarakat mendaftarkan hewan peliharaannya untuk mendapatkan vaksin rabies secara gratis," katanya.

Menurut dia, kegiatan vaksin gratis ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjadikan Bangka Belitung, khususnya Bangka Selatan bebas rabies.

"Selain itu rabies adalah penyakit zoonosis atau bisa menular dari hewan ke manusia dan merupakan termasuk penyakit hewan menular strategis, sehingga perlu antisipasi secara berkelanjutan," katanya.

Dia mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap memperhatikan lingkungan hewan peliharaan dan menjaga kesehatan hewan dengan menjauhkan dari jangkauan hewan yang dicurigai terinfeksi rabies.

"Saya mengingatkan agar masyarakat yang memiliki hewan peliharaan untuk menghindari kontak langsung dengan hewan datang dari luar yang bisa saja terindikasi rabies," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019