Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap mendukung rekor Muri Senam Bedincak yang akan digelar pada 01 Oktober mendatang.

"Kami siap mendukung kegiatan ini dengan menyiapkan instruktur-instruktur yang nantinya akan melatih para peserta," kata Kabid Kebudayaan Disbudpar Babel, Engkus, di Pangkalpinang, Kamis.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bahwa intansi mereka sudah menyosialisasikan dan memberikan pelatihan senam bedincak kepada guru dan pemuda di Babel.

Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Istiono mengatakan, rekor Muri Senam Bedincak aman dilakukan serentak di tujuh kabupaten/kota. Dan di Pangkalpinang, kegiatan ini dilakukan disepanjang jalan utama Lerkantoran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan kebudayaan Bangka Belitung, yang langkah awalnya kita ikut sertakan dalam Rekor Muri. Target kita, ada 12.000 ribu peserta yang akan ikut" ujarnya.

Menurutnya saat ini senam bedincak sudah mulai viral di masyarakat. Senam ini sudah mulai digunakan di sekolah-sekolah dan beberapa instansi pemerintah.

Untuk peserta, akan ada dari seluruh elemen masyarakat mulai dari masyarakat umum, pelajar tingkat TK sampai SMA, mahasiswa,  pemuda, komunitas, TNI, Polri beserta pegawai dari instansi pemerintah.

"Senam ini merupakan perpaduan antara olahraga, tari, kesenian dan budaya yang nantinya di harapkan dapat menjadi icon Babel. Gerakannya diciptakan sedinamis mungkin,  sehingga tidak sulit untuk diikuti," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019