Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menindaklanjuti hasil Seminar Nasional dan Call For Paper, guna meminimalisir dan mengantisipasi kerusakan lingkungan di daerah itu.

"Kami mengapresiasi Universitas Bangka Belitung (UBB) menggelar seminar ini, karena dapat meningkatkan pemahaman masyarakat di daerah ini," kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan saat menghadiri Seminar Nasional dan Call For Paper di UBB Balun Ijuk, Jumat.

Ia mengatakan Seminar Nasional dan Call For Paper bertemakan "Pembangunan Nasional yang Berwawasan Lingkungan dan Berkeadilan Sosial", dalam rangka mensosialisasikan apa-apa sebetulnya hambatan yang terjadi di masyarakat berkenaan dengan tindak tanduk hukum terhadap proses lingkungan, baik kerusakan maupun antisipasinya, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan lingkungan.

“Hasil dari seminar ini, bisa ditindaklanjuti ke level yang lebih atas, termasuk bagaimana kita mengajukan penyempurnaan dari Undang - Undang yang ada sekarang terasa bagi daerah masih terlalu banci," ujarnya.

Menurut dia kegiatan seminar ini disampaikan oleh narasumber yang berkompeten, sangat memberikan pencerahan bagi semua pihak terkait, bagaimana trik – trik memperdaya masyarakat pencinta lingkungan, melakukan punishment kepada masyarakat yang merusak lingkungan, terus bagaimana mengkolaborasi antara tambang dan kebijakan-kebijakan pascapenambangan.

"Ini tidak hanya berlaku bagi Pemprov Babel saja, akan tetapi kepada akademisi, masyarakat dan pemkab, pemkot, semua harus bergandeng tangan," katanya.

Dwi Haryadi, Dekan Fakultas Hukum UBB mengatakan Seminar Nasional dan Call for Paper ini, dilatari pada kondisi pembangunan ekonomi yang mengabaikan aspek perlindungan lingkungan hidup dan tidak mensejahterakan masyarakat secara merata.

"Persoalan ini, tidak saja terjadi di Babel sebagai daerah tambang, akan tetapi juga terjadi di daerah lainnya. Akibat kondisi itu, kata dia, masyarakat jauh dari sejahtera," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019