Kepolisian Resort Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak Desa Rias Kecamatan Toboali ikut serta mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di daerah itu.

"Hari ini saya bersama Bhabinkamtibmas mendampingi Kapolres memberikan sosialisasi karhutla kepada masyarakat Desa Rias terutama terkait larangan membakar hutan sesuai dengan Undang Undang yang berlaku," kata Kapolres Bangka Selatan, AKBP Ferdinand Suwarji melalui Kapolsek Toboali, IPTU Yandri di Toboali, Jum'at.

Ia mengatakan pihaknya mengajak masyarakat dapat bijaksana dalam mengurangi risiko kabut asap yang disebabkan dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Kami mengimbau warga yang ada di Wilkum Polsek Toboali bisa bijaksana ikut serta cegah karhutla tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan secara liar. Kemudian, tidak sembarangan membuang puntung rokok, karena ada beberapa titik lahan yang mudah terbakar," katanya.

Selain itu, Kapolres juga melakukan peninjauan pengecekan titik api di Desa Rias sekaligus dan mengecek debit air Bendungan Mentukul bendungan terbesar di Bangka selatan.

"Setiap hari terpantau ada satu titik api di wilayah Desa Rias, namun Tim Karhutla Polres Bangka Selatan bersama Damkar, Polsek Toboali dan Koramil sigap melakukan pemadaman," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019