Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, mengapresiasi festival hadrah dan akustik religi se-Babel yang berlangsung di MTsN 1, Desa Karya Makmur, Pemali Kabupaten Bangka.

"Pemprov Babel, sangat mendukung kegiatan ini dan berharap tidak sampai di sini namun berkelanjutan. Dengan adanya kegiatan ini, Pemprov menjadi lebih terkenal lagi," kata Kepala Biro Kesra Setda Provinsi Babel, Asyraf, di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan, Pemprov Babel sangat mengapresiasi kegiatan Festival Hadrah dan Akustik Religi se-Babel ini, dan berharap kegiatan ini bisa diikuti oleh Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, perguruan tinggi hingga masyarakat.

Sementara itu, Bupati Bangka diwakili oleh Staf Ahli Bidang Politik dan Pemerintahan, Dawami mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk mengisi tahun baru islam, dan mensyiarkan agama islam, dikaitkan dengan budaya yang ada  di Kabupaten Bangka.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Bangka sangat mendukung kegiatan ini. Semoga moment ini menjadi ajang merajut silaturahim antar musisi dan masyarakat.

"Pemda Bangka mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya provinsi. Kegiatan ini dapat berkembang di Kabupaten Bangka, umumnya di Provinsi Babel," ujarnya.

Di waktu yang bersamaan, Kades Karya Makmur, Yusni Tamrin, mengatakan, budaya hadrah ini belum memasyarakat, maka dari itu diadakan festival ini agar kehidupan berbasis religius memasyarakat, baik budaya dan seni islaminya, sehingga nantinya dapat menumbuh kembangan hadrah di Provinsi Babel ini.

"Tentunya kegiatan ini, tidak sebatas seremonial. Oleh sebab itu diharapkan nantinya berkelanjutan, agar dapat mewujudkan masyarakat yang berbasis imtak dan imptek, sasarannya para pemuda di desa ini," katanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Gubenur dan para donator, sehingga kegiatan Festival ini dapat berjalan dengan baik.

"Pak Gubernur menginginkan kegiatan festival hadrah yang akan datang, dapat berkoordinasi dengan berbagai pihak," ujarnya.

Ketua Panitia Festival Hadrah dan Akustik Religi Se-Babel, Agus Salim Agus menjelaskan, peserta Festival Hadrah dan Akustik Religi Se-Babel, sebanyak 40 peserta dari Hadrah kabupaten dan kota se Babel, kecuali dari pulau Belitung karena berhalangan hadir, karena ombak besar.

"Intinya adalah kegiatan ini untuk mensyiarkan agama islam dan bersilaturahim," pungkasnya.

Pembukaan Festival Hadrah dan Akustik Religi Se-Babel diisi dengan ceramah agama oleh ustad Fakih dari Bogor.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019