Satuan tugas (Satgas) kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menemukan titik api yang menyebabkan terjadinya kebakaran di Desa Air Anyir Kecamatan Merawang.

Dalam penyisiran daerah rawan kebakaran, Satgas Karhutla yang dipimpin Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono bersama wakil Bupati Bangka Syahbudin, Senin, menemukan titik api di salah satu tempat di Desa Air Anyir Kecamatan Merawang.

Untuk mencegah meluasnya api tersebut, kata Kapolres, dirinya dibantu personel satgas melakukan upaya pemadaman api dengan dua alat semprot sawah, dua unit mobil pemadam kebakaran satu unit mobil perusahaan daerah air minum (PDAM).
Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono SH. MH dan Wakil Bupati Bangka Syahbudin mendapati titik api (babel.antaranews.com/kasmono)


Dari hasil penyisiran di lapangan tersebut, kapolres dengan tegas menginstruksikan kepada tim identifikasi agar segera melakukan olah tempat kejadian perkara terhadap lahan yang terdapat titik api tersebut.

"Saya langsung menginstruksikan tim identifikasi melakukan olah TKP dengan mengambil sampel tanah dan melakukan pengukuran lahan yang terbakar guna bahan penyelidikan lebih lanjut," katanya.

Kapolres menegaskan, tim identifikasi dibawah kendali Kasat Reskrim akan memproses lidik penyebab terjadinya kebakaran lahan termasuk akan mengetahui pelakunya.

"Kami bersama Wakil Bupati dan Satgas Karhutla terus melakukan kegiatam preemtif, prefentif serta penegakan hukum terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan," jelasnya.

Kapolres mengajak seluruh lapisan masyarakat agar tetap menjaga kelestarian lingkungan dari kerusakan kebakaran, menjaga dan melindungi lingkungan sekitar dari ancaman kerusakan yang merupakan tanggung jawab bersama.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019