Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman meminta seluruh Kepala Samsat dan jajarannya untuk tidak berpuas diri terhadap apa yang telah mencapai target penerimaan PAD.

"Dari tahun-ke tahun PAD harus terus meningkat. Kita tidak boleh puas terhadap apa yang telah di capai sekarang, karena kita dituntut juga memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat," kata Erzaldi Rosman, di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, jika pendapatan yang telah dilakukan oleh Samsat meningkat, tentunya harus diiringi dengan peningkatan pelayanan yang baik juga, karena tantangan kedepan bukan lagi masalah besar kecilnya pendapatan, akan tetapi perlu didukung juga efesien, efektivitas dari para aparatur dalam hal menggunakan teknologi, jangan sampai dengan teknologi canggih tapi pendapatannya biasa-biasa saja.

Menurut Erzaldi, rapat optimalisasi pendapatan pajak daerah, dilaksanakan untuk menyerap keinginan dan membahas kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh masing-masing Kantor Samsat dalam melakukan pekerjaannya.

Ada masalah kekurangan personil dan perlu apa tidak dilakukan pemutihan serta pendataan, sehingga dengan dilakukan pendataan yang baik, diharapkan nantinya keluar kebijakan yang baik dan betul-betul membawa nilai tambah, terhadap pelayanan masyarakat.

"Ini rapat untuk menyampaikan keinginan kepada Pemprov, apa-apa saja yang bisa kita dukung untuk mengoptimalkan pelayanan ini," ujarnya.

Erzaldi juga berharap melalui rapat ini adanya peningkatan PAD pada sektor pajak air permukaan dan alat-alat berat, karena ini salah satu bagian yang sangat potensial sekali di Bangka Belitung.

"Alat berat juga banyak yang tidak mau bayar, makanya kita sampaikan, karena kita ada kerjasama dengan Kejaksaan, coba data alat-alat berat dan berapa yang di bayar dan kalau tidak dibayar maka beri peringatan," ujarnya.

Kepala Dinas Bakuda Provinsi Bangka Belitung, Fery Apriyanto usai melakukan paparan "Optimalisasi Pendapatan Pajak Daerah" berharap, dengan adanya arahan dari Gubernur kepada Kepala Samsat Se-Babel, kedepan bisa memaksimalkan pendapatan daerah.

"Adanya arahan dari Pak Gubernur, kita harap dapat mengoptimalkan pendapatan daerah," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019