Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang memprakirakan kondisi cuaca di daratan Provinsi Bangka Belitung (Babel) berawan, berpotensi turunnya hujan disertai angin dengan kecepatan mencapai 25 kilometer per jam pada Kamis (24/7).

"Kondisi cuaca ini diprakirakan berpotensi terjadi di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur," ujar Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang Omar Mukhtar di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, dengan kondisi cuaca ini diharapkan masyarakat selalu siaga dan meningkatkan kewaspadaan kemungkinan datangnya angin yang lebih kencang.

"Kami mengimbau masyarakat agar berhati-hati dan selalu siaga dengan perubahan cuaca yang terjadi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,"ujarnya.

Ia menambahkan, potensi hujan dengan intensitas ringan diprakirakan akan terjadi di Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Kota Pangkalpinang.

"Sedangkan empat kabupaten lainnya prakiraan cuaca hanya berawan dan tidak berpotensi turun hujan," kata Omar.
Sementara itu, ketinggian gelombang laut di perairan Babel mencapai ketinggian maksimum dua meter.

"Ketinggian gelombang laut ini berpotensi terjadi di Selat Gelasa dan Utara Bangka dengan kecepatan angin mencapai 33 kilometer per jam dari tenggara menuju selatan," katanya.

Ia menambahkan, pasang air laut di perairan Babel mencapai 2,14 meter yang berpotensi terjadi di kabupaten Belitung pada malam hari hari.

"Pasang air laut diperairan Babel lainnya yakni Kabupaten Bangka mencapai ketinggian 1,28 meter, Bangka Barat 1,32 meter, Belitung Timur 1,96 meter dan kabupaten Bangka Selatan 1,93 meter," ujarnya.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014