Kapolres Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Aris Sulistyono melalui mengajak seluruh masyarakat di wilayah hukumnya agar tetap mengamalkan nilai - nilai Pancasila sebagai ideologi terbaik.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali untuk tetap komitmen mengamalkan nilai nilai yang terkandung dalam Pancasila," katanya di Sungailiat, Selasa, usai memperingati kesaktian Pancasila.

Dikatakan, untuk tetap mempertahankannya dan menjaga kedaulatan NKRI secara berkelanjutan merupakan bagian dari mewujudkan nilai-nilai Pancasila. 

"Ideologi Pancasila tidak dapat digantikan yang merupakan warisan leluhur pendiri bangsa, ideologi Pancasila sebagai pedoman untuk menyelenggarakan kehidupan berbangsa dan bertanah air," jelasnya. 

Menurutnya, melalui peringatan hari kesaktian pancasila, bagi institusi kepolisian yakni Polres Bangka, akan dijadikan momentum untuk tetap menjaga, tidak ada individu, kelompok siapapun yang akan mencoba menggantikan ideologi pancasila, termasuk dengan ideologi-ideologi yang berbasis radikalisme. 

"Saya mengajak seluruh masyarakat, individu, kelompok dari manapun tidak ada kegiatan yang berseberangan dengan ideologi Pancasila," Jelasnya.

Polri melalui satgas kontradikal mencegah deradikal ISIS karena salah satu upayanya adalah untuk memastikan, tidak adanya menggantikan dan kegiatan yang berseberangan dengan ideologi Pancasila.

"Saya minta  segala persoalan yang ada di negeri ini, dapat diselesaikan dengan musyawarah sebagaimana diamanatkan didalam Pancasila, untuk dapat diselesaikan dengan baik, tanpa melalui kegiatan yang menimbulkan  upaya pengerusakan, intimidasi dan hal lain, yang menimbulkan gangguan, situasi  menjadi tidak kondusif," katanya.

Menurut kapolres segala persoalan bangsa ini, tentu mengilhami apa yang ada dalam Pancasila demi persatuan dan kesatuan, semuanya bisa diselesaikan dengan musyawarah dan mufakat.

Dalam setiap peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan pemaknaan nilai-nilai yang ada di dalamnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019