Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang mengimbau warga pesisir pantai mewaspadai pasang air laut Bangka Belitung (Babel) yang diprakirakan mencapai ketinggian 2,31 meter pada Jumat pekan ini.

"Berdasarkan pantauan cuaca, ketinggian pasang air laut ini berpotensi terjadi di Sungailiat Kabupaten Bangka pada sore hingga malam hari," kata Staf Koordinator Unit Analisis Kantor BMKG Pangkalpinang, Deas Achmad Rivai di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengimbau agar warga yang bermukim di pesisir pantai untuk tetap siaga dan meningkatkan kewaspadaan dengan keadaan cuaca ini.

"Kita meminta warga untuk sementara waktu mengurangi aktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung kelaut lepas karena kemungkinan terjadinya air pasang yang semakin meninggi," ujarnya.

Sementara itu, kata Rivai, Pasang air laut di Perairan Babel lainnya yakni Kabupaten Belitung mencapai 2,23 meter, Bangka Barat 1,88 meter dan Bangka Selatan 2,00 meter.

"Sedangkan Kabupaten Belitung Timur pasang air laut mencapai 1,98 meter dan Belinyu Kabupaten Bangka 1,65 meter," ujarnya.

Ia menambahkan, ketinggian gelombang laut di jalur pelayaran Babel mencapai dua meter dengan kecepatan angin berkisar antara lima hingga 33 kilometer per jam.

"Ketinggian gelombang laut ini berpotensi terjadi di Selat Karimata, Selat Gelasa,  dan Utara Bangka," ujarnya.

Jalur penyeberangan Babel lainnya, lanjut Rivai, yakni Selat Bangka dan Selatan Bangka ketinggian gelombang berkisar antara 0,8 hingga 1,8 meter dengan kecepatan angin mencapai 30 kilometer per jam.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014