Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan mendirikan badan usaha milik daerah (BUMD) untuk meningkatkan pendapatan daerah melalui pengembangan usaha di sektor tertentu.

Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Senin, mengatakan BUMD tersebut diperlukan untuk membantu meningkatkan pendapatan daerah melalui pengembangan usahanya.

"Saya berharap, tahun ini BUMD tersebut sudah dibentuk termasuk struktur manajemen perusahaan karena peraturan daerah sebagai dasar hukumnya sudah ada," kata Bupati.

Bupati menginginkan, BUMD itu lebih fokus mengembangkan usaha di sektor pariwisata, pertanian dan sektor strategis lain yang mampu memberikan pendapatan.

"Saya menginginkan, struktur organisasi perusahaan itu diisi oleh orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang usaha maupun lembaga keuangan," katanya.

Dengan dilibatkannya orang-orang yang berpengalaman di bidang usaha maupun lembaga keuangan, mereka diharapkan mampu mengembangkan perusahaan sesuai bidang usahanya.

Sementara itu untuk penyertaan modal kata Bupati, akan dibantu dalam bentuk fasilitas aset seperti lahan atau kantor, bukan dalam bentuk dana usaha.

"Saya yakin, meskipun hanya dalam bentuk fasilitas aset usaha, perusahaan itu dapat maju mengembangkan bisnisnya jika dikelola dengan serius," jelas Bupati.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019