Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, memprakirakan tinggi pasang air laut di Sungailiat Kabupaten Bangka mencapai 2,30 meter, mulai berlaku Rabu (30/7) pukul 01.00 WIB.

"Kepada warga atau pun pengunjung di pesisir pantai Sungailiat dan sekitarnya untuk mewaspadai ketinggian air pasang yang mencapai 2,30 meter karena bisa membahayakan keselamatan jiwa mereka," ujar Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Eva Diana Prihatiningsih di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan, tinggi pasang air laut di Membalong Kabupaten Belitung mencapai 2,11 meter, Tanjungpandan berkisar 1,39 meter.

Sementara itu, tinggi pasang air di laut Muntok Kabupaten Bangka Barat berkisar 1,69 meter, Toboali Kabupaten Bangka Selatan berkisar 1,76 meter, Belinyu berkisar 1,60 meter dan tinggi air laut di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur berkisar 1,58 meter.

"Bagi pengunjung pantai diingatkan untuk menjaga anak-anaknya agar tidak berenang terlalu jauh atau cukup bermain ditepi pantai saja," katanya.

Sementara itu, kata dia, tinggi gelombang di perairan Utara Bangka 0,8 - 2,5 meter, arah dan kecepatan dari Timur - Selatan berkisar 8 hingga 33 kilometer per jam.

Demikian juga, tinggi gelombang di perairan Selat Karimata rata-rata 1,3 - 3,0 meter, arah dan kecepatan angin dari Timur hingga Selatan berkisar 13 hingga 38 kilometer per jam dan tinggi gelombang di perairan Selat Gelasa berkisar 1,0 - 2,5 meter dengan arah angin dari Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 10 - 35 kilometer per jam.

Sedangkan, tinggi gelombang di Selat Bangka berkisar 0,5 - 1,5 meter, arah angin dan kecepatan dari Tenggara hingga Selatan berkisar 8 - 30 kilometer per jam dan di Selatan Bangka 1,0 - 2,5 meter, arah dan kecepatan angin dari Tenggara hingga Selatan berkisar 10 - 33 kilometer per jam.

Selanjutnya, kata dia, empat dari tujuh kota/kabupaten di daratan Babel masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Daratan Babel yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan yakni, Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka Selatan dan Kabupaten Belitung.

Sementara, daratan di Kabupaten Bangka Barat, Bangka dan Belitung hanya berawan tanpa berpotensi hujan ringan atau pun sedang.

Pewarta: Pewarta: Mulki

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014