Pangkalpinang (Antara) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, mengimbau pengunjung pantai-pantai di daerahnya mewaspadai bahaya gelombang tinggi yang pada beberapa hari ini diprakirakan mencapai tiga meter.

"Kepada pengunjung pantai dan warga di sekitar perairan Selat Karimata, Utara Bangka dan Selat Galasa agar berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan karena tinggi gelombang di sekitar perairan itu berkisar dua hingga tiga meter," kata staf Koordinator Unit Analisis pada Kantor BMKG Pangkalpinang, Eva Diana Prihatiningsih, di Pangkalpinang, Kamis.

Menurut dia, setiap musim libur Lebaran pengunjung pantai selalu meningkat khususnya setelah empat atau lima hari Lebaran.

"Pengunjung yang datang biasanya selalu berenang di sekitar pantai dan diharapkan bagi pengunjung yang membawa anaknya berenang agar tetap berada dalam pengawasannya," ujarnya.

Sementara, tinggi gelombang di perairan Selat Bangka berkisar 1,0 hingga 1,3 meter dan di Selatan Bangka berkisar 1,5 hingga 2,0 meter arah dan kecepatan angin masing-masing dari Tenggara ke Selatan dan Timur ke Selatan berkisar 8 hingga 30 kilometer per jam.

Ia mengatakan, pasang air laut di Membalon, Kabupaten Belitung berkisar 2,03 meter, di Sungailiat, Kabupaten Bangka 1,99 meter, di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan 1,65 meter
    
Sedangkan, di Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur 1,42 meter, di Belinyu, Kabupaten Bangka 1,22 meter dan di Muntok, Kabupaten Bangka Barat 1,09 meter.

Ia mengatakan, dua dari tujuh kota/kabupaten yang ada di Babel berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Cuaca di daratan Babel yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan yakni, Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Bangka Selatan.

Sementara cuaca di daratan Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Barat, Bangka, Belitung dan Belitung Timur hanya berawan tanpa berpotensi hujan ringan atau pun sedang.

Pewarta: Pewarta: Mulki

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014