Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menargetkan di 2020 mendatang, status asrama haji provinsi kepulauan Babel menjadi embarkasi antara.

"Dengan peningkatan status tersebut, dampaknya akan meningkatkan fasilitas pelayanan kepada jamaah haji yang berasal dari Babel," kata Erzaldi Rosman, di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel telah menggelontorkan dana sebesar Rl 4,5 milyar untuk pembangunan masjid di asrama haji Babel tersebut.

Bantuan tersebut termasuk pembangunan jalan di kawasan asrama haji, hanya pembangunan masjid yang belum terealisasi dan dapat diselesaikan sebelum lebaran Idul Fitri tahun 2020.

Dengan adanya embarkasi antara jamaah haji, maka tidak lagi lama berada di Embarkasi Palembang, namun cukup pindah pesawat, dan langsung diterbangkan menuju ke tanah suci.

"Seperti kita ketahui, beberapa waktu yang lalu, terkait dengan keberangkatan haji tahun 2019, kami dan Kanwil Kemenag Babel telah melakukan pertemuan, dimana Pangkalpinang menjadi Embarkasi Antara di Babel  Insya Allah dapat kita wujudkan dan harus didukung seluruh instansi terkait," ujarnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Babel, M.Ridwan mengatakan, dalam peningkatan status  asrama haji provinsi kepulauan Babel menjadi embarkasi Antara dan harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Dengan adanya Embarkasi Antara di Pangkalpinang, akan mempermudah pemberangkatan jamaah haji asal Babel ke tanah suci, termasuk dapat memotong waktu dan biaya yang akan di keluarkan para jamaah.

"Berkenaan dengan pembangunan masjid yang berada di Asrama Haji Babel, harus mampu menampung jumlah jamaah dalam satu kelompok terbang (kloter)," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019