Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengimbau para pedagang makanan untuk turut serta menjadi kebersihan dengan tidak membuang sembarangan bekas tempat makanan.

"Jika berdagang jangan sembarangan buang sampah dan sampah yang ada jangan dibakar, tapi dikumpulkan untuk dibuang ke tempat pembuangan sampah," kata Erzaldi Rosman saat menyambangi warung makanan kecil yang berada disekitar lapangan sepak bola aroma Paritlalang, Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan, para pedagang harus ikut menjaga kebersihan kawasan lapangan sepak bola yang menjadi kebanggaan masyarakat, sembari membeli dan menyicipi makanan para pedagang di lokasi tersebut.

Manfaat menjaga kebersihan lingkungan adalah bagian dari iman dan itu salah satu hadits yang harus dijadikan pedoman oleh umat Islam, dimana jika ingin beriman dia juga harus memelihara kebersihan.

"Lingkungan yang bersih merupakan dambaan semua warga masyarakat. Dengan lingkungan bersih, kita dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan aman dan nyaman," ujarnya.

Erzaldi menambahkan, kebersihan memiliki lima manfaat positif, yakni. terhindar dari ancaman banjir, dimana sudah diketahui semua, bahwa banjir adalah salah satu dampak buruk dari lingkungan yang tidak bersih.

Selain itu, masyarakat terhindar dari penyakit menular seperti DBD, diare dan tipes, karena dari lingkungan yang kotor. Sekain itu, lingkungan menjadi lebih rapi dan nyaman di tempati sehingga meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani serta memberi kerukunan antar tetangga.

Usai berdialog ringan dengan para pedagang makanan, Erzaldi didampingi istri, Melati Erzaldi, menyaksikan pertandingan sepak bola antara kesebelasan Pemprov Babel dengan kesebelasan Korta FC, yang hasil akhirnya dimenangkan Kesebelasan Pemprov Babel dengan skor 2-0. 

Dari lapangan sepak bola parit lalang, Erzaldi bersama istri menutup kegiatannya dengan meninjau sekaligus menikmati suasana sore di simpang empat Semabung, tepatnya  di area trotoar yang baru selesai dibangun Pemprov Babel.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019