Samsung Electronics Indonesia bersama Habitat For Humanity meresmikan Samsung Smart Learning Class (SSLC) di Sekolah Menengah Umum Santo Yosef, Kamis pagi. 

keterangan pers Samsung yang diterima Antara, Kamis, menyebutan Pangkalpinang dipilih Samsung Electronics Indonesia (SEIN) karena memiliki tantangan dalam pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia. 

Selain itu, melalui SSLC ini diharapkan bisa meningkatkan pendidikan yang unggul serta memberikan sistem pengajaran yang inovatif. 

Ketua Yayasan Tunas Karya, Romo Servasius Samuel mengucapkan terimakasih kepada Samsung yang telah memilih SMU Yosef sebagai pilot project SSLC ini. 

"Tentunya kehadiran SSLC ini langkah besar bagi kami untuk menciptakan sumber daya manusia yang fasih mengoptimalkan teknologi, selain itu program ini selaras dengan visi yayasan tunas karya sebagai pelayan yang unggul dalam bidang pendidikan," katanya.

Head Of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia, Ennita Pramono mengatakan program ini meruapakan salah satu cara Samsung memberikan kontribusi pada dunia pendidikan di Indonesia. 

"Samsung senang dan bangga dapat memanfaatkan teknologi dalam memfasilitasi SMA Santo Yosef, sebagai kelas digital pertama di Bangka Belitung, dan program ini diharapkan bisa mempercepat materi pendidikan yang menjangkau seluruh Indonesia,"papar Ennita Pramono. 

General Manager Corporate Engagement Habitat For Humanity, Nico Kiroyan menyampaikan program kemitraan bersama Samsung Electronics Indonesia, sudah berjalan sejak 2017 lalu. 

"Kolaborasi Samsung bersama Habitat For Humanity selain membangun SSLC, kami juga menyediakan rumah layak huni bagi warga Desa Penagan sejumlah 108 rumah layak huni," ujarnya. 

Dirinya juga berharap, dengan adanya SSLC mampu meningkatkan kualitas belajar bagi siswa SMU. 

"Tentunya harapan kami kolaborasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Bangka dan menjadi inspirasi bagi korporasi lainnya untuk bersama-sama membangun Indonesia," kata Nico Kiroyan.

Samsung electronics Indonesia (SEIN) membuka Samsung smart learning class (SSLC) yang merupakan ruang kelas digital untuk tingkat SMA. 

SMA Santo Yosef Kota Pangkalpinang, menjadi sekolah yang pertama di wilayah Bangka, berkesempatan memperoleh program SEIN Sebagai wujud mendukung peningkatan pendidikan di Indonesia.

Head of corporate citizenship samsung electronics Indonesia, Ennita Pramono mengatakan keberadaan SSLC yang merupakan kelas digital, diharapkan  dapat diamafaatkan secara maksimal oleh para pendidik, peserta didik dan komunitas pendidikan sekitar untuk meningkatkan efektivitas kegiatan belajar.

"Karena SSLC ini dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan mendorong keingintahuan bagi siswa, serta membantu guru mulai dari mencari materi ajar, maupun untuk dijadikan alat peraga yang lebih interaktif dan berkualitas," katanya.

SSLC ini dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti Galaxy tab A with S Pen, samsung smart TV, Samsung AC, dan WLAN (Acces Point) untuk memberikan pengalaman saling terkoneksi dan menyenangkan dalam proses pembelajaran.

"Didalam Galaxy Tab ini telah ditanamkan aplikasi materi pembelajaran berupa buku digital interaktif dan perpustakaan elektronik untuk berbagai mata pelajaran dan semua tingkatan, serta manajemen sistem pembelajaran," jelasnya.

Untuk mempersiapkan pemanfaatan kelas dan fasilitas SSLC secara maksimal, pihaknya juga memberikan pelatihan kepada para pendidik yang ada di SMA Santo Yosef. Seperti penggunaan gawai, pemanfaatn digital, serta pengenalan materi - materi pembelaharan yang telah ditanamkan dalam gawai.

"Dengan para pendidik yang sudah memahami paradigma dan mekanisme yang dijalankan SSLC ini maka diharapkan peserta didik dapat memanfaatkan secara maksimal perangkat teknologi dan aplikasi digital untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik,"

Ia menambahkan jika fasilitas SSLC ini juga terbukan untuk masyarakat diluar SMA Santo Yosef dengan jadwal yang telah ditentukan dan disepakti.

"Kelompok masyarakat seperti pkk dam karamg taruna juga terbuka  untuk menjadi bagian dari komunitas sslc. Kami percaya teknologi akan mempercepat proses pembelajarsn dan lebih menyenangkan bagi anak didik kami.

Sementara itu kepala sekolah SMA Santo Yosef, Frans S.Pd.Ekop mengatakan kehadiran SSLC merupakan langkah besar dalam menciptakan SDM indonesia yang fasih mengoptimalkan teknologi guna menciptakan masa depan yang lebih baik.

Pewarta: Try Mustikahardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019