Pangkalpinang (Antara Babel) - Kapolres Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Nur Romdhon mengimbau masyarakat mewaspadai polisi gadungan yang meminta uang dan menjanjikan bantuan menyelesaikan kasus.

Apabila dihubungi orang seperti itu, warga segeralah melapor ke kantor polisi terdekat agar segera ditindak lanjuti," ujarnya melalui Kasat Reskrim AKP Alfret Jacob Tilukaydi Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, belakangan ini banyak sekali terjadi penipuan dengan modus mengaku sebagai anggota polisi baik secara langsung maupun melalui internet.

"Masyarakat harus lebih waspada terhadap segala modus penipuan yang sekarang ini semakin marak terjadi, baik itu yang mengaku sebagai polisi dan ada juga yang mengaku sebagai keluarga polisi yang bisa menjamin 'tersangka' keluar dan perkaranya selesai," ujarnya.

Dikatakannya, pihak kepolisian tidak pernah menjamin ada anggota atau keluarga polisi yang bisa menyelesaikan suatu perkara begitu saja. Apabila ada yang tertangkap pasti akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Kalau ada yang mengaku anggota polisi atau keluarga polisi yang bisa menyelesaikan perkara, kami minta masyarakat jangan percaya begitu saja. Karena, jika laporan kepolisian sudah masuk tetap akan kami proses dan tidak bisa lepas dari kasus itu," katanya.

Ia mengungkapkan, selama ini pihak kepolisian sudah banyak menerima pengaduan dari masyarakat mengenai hal itu. Namun mereka tidak mau dan tidak berani melaporkan hal itu ke kantor polisi.

"Selama ini kami banyak menerima pengaduan dari masyarakat, tetapi mereka tidak mau melapor. Begitu juga yang sudah menjadi korban penipuan, mereka juga tidak berani malapor," ujarnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk segera melapor kepada pihak kepolisian apabila ada yang mengalami kasus penipuan oleh seseorang yang mengaku sebagai oknum polisi maupun seseorang yang memiliki keluaraga polisi yang menawarkan dapat menyelesaikan suatu kasus.

"Kami sudah sering meminta mereka untuk melaporkan apa yang telah mereka alami, karena hal tersebut menyangkut nama baik kepolisian dan keluarga besar kepolisian. Setiap laporan yang masuk pasti langsung kami proses dan ditindak lanjuti," katanya.

Pewarta: Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014