Puskesmas Batu Rusa Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil meraih akreditasi Purna atau akreditasi tertinggi berdasarkan status akreditasi Puskesmas dari Kemenkes RI.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr Then Suyanti di Sungailiat, Minggu mengatakan, Puskesmas Batu Rusa tersebut merupakan satu-satunya Puskemas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang meraih akreditasi purna.

Ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan untuk mendapatkan akreditasi tersebut, di antaranya adalah standar administrasi dan manajemen yang meliputi penyelenggaraan pelayanan kesehatan, kepemimpinan dan manajemen Puskesmas, serta peningkatan mutu Puskesmas.

"Saat ini, pelayanan Puskesmas harus memiliki akreditasi. Pelayanan Puskemas diharapkan dapat sesuai dengan standar pelayanan minimum (SPM) yang sudah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan," jelas Then Suyanti.

Dikatakan meskipun baru satu Puskemas di daerahnya yang sudah terakreditasi purna namun seluruh Puskemas yang ada di delapan kecamatan sudah terakreditasi sesuai dengan tingkatkan.

Dikatakan, ada empat tingkat akreditasi yang diranking Jaminan Kesehatan Nasional, yaitu tingkat Dasar, Madya, Utama dan tingkat tertinggi Purna.

"Semua Puskesmas sudah dilengkapi dengan tenaga kesehatan yang terampil di bidangnya sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan termasuk ketersediaan dokter di setiap Puskesmas," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019