Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang mengimbau pengunjung pantai agar mewaspadai gelombang air laut di perairan Babel yang diperkirakan mencapai 2.30 meter pada Kamis (21/8) besok.

Pantauan BMKG, gelombang pasang juga berpotensi terjadi di Membalong, Kabupaten Belitung, disertai angin dengan kecepatan mencapai 26 kilometer per jam.

"Kami mengimbau agar pengunjung pantai tidak berenang terutama di wilayah pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas karena dengan ketinggian pasang laut ini sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan," kata Staf Koordinator Unit Analisa, BMKG Pangkalpinang, Deas Achmad Rivai, di Pangkalpinang, Rabu.

Ketinggian gelombang laut di Babel juga diperkirakan meningkat hingga dua meter dibanding beberapa hari sebelumnya yakni 1,5 meter.

"Ketinggian gelombang ini berpotensi terjadi di Selat Karimata jalur pelayaran Babel dengan kecepatan angin mencapai 31 kilometer per jam dari timur menuju selatan," ujar dia.

Ia menambahkan gelombang di Selat Gelasa dan Selatan Bangka mencapai ketinggian 1,5 meter, sedangkan Selat Bangka mencapai satu meter.

"Untuk ketinggian gelombang di Utara Bangka jalur pelayaran Babel lainnya diperkirakan mencapai 1,5 meter dengan kecepatan angin 30 kilometer per jam."
   
Sementara itu, kondisi cuaca di sebagian wilayah Babel masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

"Empat kabupaten/kota di Babel yakni kabupaten Bangka, Bangka Tengah dan Kota Pangkalpinang masih berpotensi turunnya hujan namun masih dalam kategori ringan sedangkan tiga kabupaten lainnya yakni Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur keadaan cuaca hanya berawan dan tidak berpotensi hujan," katanya.

Pewarta:

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014